Waduh, Limbah Deterjen di Kali Bikin Depok Bak Negeri di Atas Awan

Rabu, 29 November 2023 - 17:21 WIB
loading...
Waduh, Limbah Deterjen di Kali Bikin Depok Bak Negeri di Atas Awan
Tampak warga berfoto dengan limbah deterjen yang menggunung di kawasan Depok. Foto: InfoDepok
A A A
DEPOK - Masyarakat Depok dikagetkan dengan video viral yang menunjukkan limbah deterjen yang bikin kali di kawasan kota penyangga Ibu Kota itu seperti tertutup awan.

Masyarakat Depok dikagetkan dengan video viral yang menunjukkan limbah deterjen yang bikin kali di kawasan kota penyangga Ibu Kota itu seperti tertutup awan.

Video yang diunggah oleh akun TikTok @infodepok itu tepatnya terjadi di Kali Baru, Taman Duta, Gang Musholla Tuga, Cimanggis, Depok, Jawa Barat.

Kondisi itu justru membuat kaget warga yang berada di lokasi kejadian. Bahkan dalam video tersebut terdengar salah seorang warga yang kaget luar biasa dengan limbah yang benar-benar menutup kali hingga ke bibir kali.

“Bunga, kagak ngaruh Bunga kalau disiram," ujar warga yang terekam dalam video tersebut dikutip Sindonews dari akun TikTok @infodepok, Rabu (29/11).
Dari catatan SINDONews, kondisi lautan busa tersebut memang kerap terjadi di Jakarta dan wilayah penyangga yang ada di sekitarnya. Terutama di
daerah-daerah yang dilewati oleh sungai atau kali.

Diduga lautan busa tersebut terjadi karena limbah rumah tangga khususnya limbah deterjan. Bisa jadi, ini karena warga yang mencuci baju sering membuang air yang masih mengandung deterjen ke saluran air di dekat rumah mereka.

Imbasnya, air buangan limbah deterjen tersebut terkumpul di sungai. Semakin rutin warga membuang air bekas cucian ke saluran air, maka air mengalir dan menumpuk menjadi busa.

Baca Juga: Limbah Busa Setinggi 5 Meter Menutupi Aliran Kali Baru Depok

Sebagian warganet sendiri menduga limbah busa tersebut disebabkan oleh limbah industri. Hanya saja berdasarkan pengamatan SINDONews melalui Google Maps, tidak banyak pabrik yang bediri dekat dengan Kali Baru, Depok.

Satu perusahaan yang ada di kawasan tersebut hanyalah PT Xacti Indonesia dan PT Mutuagung Lestari. Kedua perusahaan bahkan tidak bergerak di dalam bidang yang berhubungan dengandeterjen.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2411 seconds (0.1#10.140)