Akhir Tahun, Hujan Meteor Geminid Akan Menghiasi Langit Malam

Jum'at, 01 Desember 2023 - 09:56 WIB
loading...
Akhir Tahun, Hujan Meteor Geminid Akan Menghiasi Langit Malam
Hujan meteor Geminid akan melanda Bumi pada awal Desember hingga jelang akhir tahun 2023. (Foto: Space.com)
A A A
JAKARTA - Hujan meteor Geminid akan melanda Bumi pada awal Desember hingga jelang akhir tahun 2023. Diperkirakan pada fase puncak, yaitu 14 Desember, sebanyak 120 meteor akan meluncur tiap jam.

Menurut NASA, fenomena langit ini akan jadi tontonan menarik. Hujan meteor Geminid bisa disaksikan dengan mata telanjang karena Bulan baru Desember dijadwalkan akan terjadi hanya dua hari sebelum puncak hujan meteor. Artinya cahaya bulan tidak akan meredam penampakan sebagian besar meteor.

Dilansir dari 5Chicago, Jumat (1/12/2023), hujan meteor Geminid adalah salah satu yang paling banyak dalam setahun. Meteor ini berasal dari bintang Castor, yang terletak di konstelasi Gemini, sehingga diberi nama Geminid.



Yang membuat hujan meteor ini istimewa adalah sebagian besar berasal dari jejak komet yang telah melalui tata surya, tetapi Geminid berasal dari jejak asteroid 3200 Phaethon, yang ditemukan pada tahun 1980an.



Untuk bisa menyaksikan hujan meteor Geminid, sebaiknya mencari tempat yang gelap, lalu membiarkan mata menyesuaikan setidaknya selama 30 menit. Titik radiasi hujan meteor akan berada pada titik tertinggi di langit sekitar pukul 2 pagi. Meskipun titik radiasi akan berada di atas kepala, meteor dapat terlihat di seluruh langit.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2428 seconds (0.1#10.140)