Spesifikasi Roket Falcon 9 yang Membawa Satelit Spionase Korsel

Kamis, 07 Desember 2023 - 16:34 WIB
loading...
Spesifikasi Roket Falcon 9 yang Membawa Satelit Spionase Korsel
Roket Falcon 9 digunakan Korea Selatan untuk meluncurkan satelit mata-mata pertamanya. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Spesifikasi roket Falcon 9 menjadi pembahasan yang menarik diketahui. Baru-baru ini, roket tersebut digunakan Korea Selatan untuk meluncurkan satelit mata-mata pertamanya.

Peluncuran satelit mata-mata Korea Selatan ini dilakukan dari Vandenberg Space Force Base di California. Kementerian Pertahanan Korea Selatan menyebut peluncuran ini sudah berhasil dan satelit terkait juga telah berkomunikasi dengan stasiun bumi di luar negeri.



Lantas, bagaimanakah spesifikasi roket Falcon 9 yang digunakan membawa satelit spionase Korea Selatan tersebut? Simak ulasannya berikut ini.

Spesifikasi Roket Falcon 9


Falcon 9 merupakan roket besutan SpaceX, perusahaan penerbangan luar angkasa milik Elon Musk. Melihat riwayatnya, Falcon 9 memulai debutnya pada 2010 lalu.

Mengutip laman resmi SpaceX, Kamis (7/12/2023), Falcon 9 merupakan roket dua tahap. Dirancang sebagai platform yang bisa digunakan kembali, aspek ini dapat menurunkan biaya penerbangan ke luar angkasa.



Pada dapur pacunya, Falcon 9 membawakan mesin Merlin. Komponen ini masuk dalam keluarga mesin roket yang dikembangkan SpaceX.

Lebih jauh, Merlin sendiri menggunakan minyak tanah kelas roket (RP-1) dan oksigen cair sebagai propelan roket dalam siklus tenaga generator gas. Selain Falcon 9, Merlin juga digunakan pada kendaraan peluncuran lain milik SpaceX.

Falcon 9 punya tinggi sekitar 70 meter dan diameter 3,7 meter. Sementara untuk massanya sendiri diperkirakan mencapai 549.054 kg.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1739 seconds (0.1#10.140)