6 Fakta Menarik Sundaland, Benua yang Hilang di Nusantara

Sabtu, 30 Desember 2023 - 16:00 WIB
loading...
A A A
Selama zaman es terakhir, permukaan laut turun dan seluruh Sundaland menjadi perluasan benua Asia. Akibatnya, pulau-pulau Sundaland saat ini menjadi rumah bagi sejumlah besar mamalia Asia seperti gajah, monyet, kera, harimau, tapir, dan badak.

Banjir Sundaland memisahkan spesies yang pernah berbagi lingkungan yang sama. Salah satu contohnya adalah ikan pektoral yang dulu berkembang di sistem sungai yang sekarang disebut "Sungai Sunda Utara" atau "Sungai Mollengraaf Utara". Ikan ini sekarang dapat ditemukan di Sungai Kapuas di Borneo dan Sungai Musi dan Batanghali di Sumatra.

Tekanan seleksi, kadang-kadang menyebabkan kepunahan, bertindak secara berbeda di setiap pulau Sundaland, menghasilkan populasi mamalia yang berbeda ditemukan di setiap pulau. Namun, tidak semua spesies yang mendiami Sundaland sebelum Banjir memiliki jangkauan yang mencakup seluruh Rakit Sunda, sehingga spesies saat ini yang terkumpul di setiap pulau hanyalah fauna Sundaland atau Asia yang umum dan tidak menjadi bagian darinya. Ada korelasi positif antara luas pulau dan jumlah spesies mamalia darat, dengan pulau terbesar Sundaland (Borneo dan Sumatra) menjadi yang paling beragam.


5. Penduduk Sundaland


Menurut teori yang paling banyak diterima, nenek moyang populasi Austronesia modern di Asia Tenggara Maritim dan wilayah sekitarnya bermigrasi ke selatan dari Asia daratan Timur ke Taiwan dan kemudian ke wilayah Asia Tenggara Maritim lainnya.

Ada juga teori yang menunjukkan Sundaland yang tenggelam sekarang sebagai tempat kelahiran bahasa Austronesia. Namun, pandangan ini sangat sedikit diakui oleh arkeolog, ahli bahasa, dan ahli genetika profesional.

Model Keberangkatan Taiwan telah diterima oleh sebagian besar peneliti. Studi dari University of Leeds yang memeriksa garis keturunan DNA mitokondria, yang diterbitkan dalam Molecular Biology and Evolution, menunjukkan leluhur bersama antara Taiwan dan Asia Tenggara sebagai hasil dari migrasi awal.

Dispersi populasi ini tampaknya bersamaan dengan kenaikan permukaan laut dan mungkin mengakibatkan migrasi dari kepulauan Filipina sejauh utara Taiwan dalam 10.000 tahun terakhir. Migrasi ini kemungkinan besar disebabkan oleh perubahan iklim dan dampak tenggelamnya benua kuno.

Tiga kenaikan permukaan laut besar mungkin telah menyebabkan banjir dan tenggelamnya benua Sunda, membentuk Laut Jawa dan Laut Cina Selatan serta ribuan pulau yang membentuk Indonesia dan Filipina saat ini. Perubahan dalam permukaan laut mungkin telah mendorong manusia ini menjauh dari pemukiman dan budaya pesisir ke daerah pedalaman di seluruh Asia Tenggara.

Migrasi terpaksa ini mungkin telah memungkinkan manusia ini beradaptasi dengan lingkungan hutan dan pegunungan yang baru, mengembangkan dan mendomestikasi pertanian, dan menjadi nenek moyang populasi manusia di wilayah tersebut. Kesamaan genetik ditemukan di antara populasi di seluruh Asia, dengan keragaman genetik yang meningkat dari utara ke selatan.

Populasi Tiongkok sangat besar, tetapi kurang fluktuatif daripada minoritas yang tinggal di Asia Tenggara. Ini karena ekspansi populasi Tiongkok terjadi sangat baru-baru ini, hanya dalam 2.000 hingga 3.000 tahun terakhir.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2435 seconds (0.1#10.140)