Kelelawar Buah, Kunci Obat Penyembuh Diabetes

Sabtu, 13 Januari 2024 - 08:41 WIB
Untuk memahami bagaimana kelelawar buah berhasil mengonsumsi gula dalam jumlah besar, Ahituv dan Gordon berkolaborasi dengan ilmuwan dari berbagai institusi, mulai dari Universitas Yonsei di Korea hingga American Museum of Natural History di New York City, untuk membandingkan kelelawar buah Jamaika dengan kelelawar cokelat besar, yang hanya memakan serangga.

Para peneliti menganalisis ekspresi gen (gen mana yang aktif atau tidak aktif) dan DNA regulasi (bagian DNA yang mengontrol ekspresi gen) menggunakan metode untuk mengukur keduanya dalam sel-sel individu. "Teknologi sel tunggal yang lebih baru ini dapat menjelaskan tidak hanya jenis sel apa yang ada di organ mana, tetapi juga bagaimana sel-sel tersebut mengatur ekspresi gen untuk mengelola masing-masing diet," kata Ahituv.

Pada kelelawar buah, komposisi pankreas dan ginjal berevolusi untuk menyesuaikan diri dengan diet mereka. Pankreas memiliki lebih banyak sel untuk memproduksi insulin, yang memberi tahu tubuh untuk menurunkan gula darah, serta lebih banyak sel untuk memproduksi glukagon, hormon pengatur gula utama lainnya. Ginjal kelelawar buah, sementara itu, memiliki lebih banyak sel untuk menangkap garam yang langka saat mereka menyaring darah. "Organisasi DNA di sekitar gen insulin dan glukagon sangat jelas berbeda antara dua spesies kelelawar," kata Gordon.

"DNA di sekitar gen dulu dianggap sebagai 'sampah,' tetapi data kami menunjukkan bahwa DNA regulasi ini kemungkinan membantu kelelawar buah bereaksi terhadap peningkatan atau penurunan tiba-tiba dalam gula darah."

Meskipun beberapa biologi kelelawar buah menyerupai apa yang ditemukan pada manusia dengan diabetes , kelelawar buah tampaknya berevolusi menjadi sesuatu yang manusia dengan selera manis hanya bisa impikan, selera manis tanpa konsekuensi. "Kelelawar telah menemukannya, dan semuanya ada dalam DNA mereka, hasil seleksi alam," kata Gordon.