Arkeolog Temukan Struktur Batu Misterius, Jauh Lebih Tua dari Piramida

Sabtu, 02 Maret 2024 - 00:39 WIB
loading...
A A A
Arsitektur monumental dikaitkan dengan kompleksitas sosial dalam masyarakat manusia kuno, namun penyebab lahirnya arsitektur ini masih belum dipahami dengan baik. "Jenis arsitektur ini sengaja dibangun lebih besar dan terkadang lebih rumit daripada yang dibutuhkan untuk fungsi yang dimaksudkan," tulis para peneliti.

Arsitektur seremonial monumental terawal di dunia, baik yang terwakili oleh penataan batu-batu megalitik, platform dan bangunan besar, atau plaza terbatas—cenderung menjadi hasil dari tindakan bersama oleh kelompok yang lebih besar dari rumah tangga langsung, dan seringkali lebih besar dari populasi lokal.

Contoh awal yang terkenal dari arsitektur seremonial semacam ini termasuk situs terkenal Göbekli Tepe di Turki, Stonehenge di Inggris, dan piramida besar Giza di Mesir.

"Sama seperti kasus arsitektur seremonial monumental awal di luar Amerika Selatan Andes, misalnya di Göbekli Tepe, pembangunan arsitektur seremonial ritual monumental pada Preceramic Akhir pesisir dan pegunungan Andes mewakili dunia sosial yang berubah mungkin melibatkan perubahan dari sistem kepercayaan yang terkait dengan kelompok kecil menjadi kepercayaan dan tindakan yang lebih kolektif dan berorientasi pada wilayah," tulis para peneliti.
(msf)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3119 seconds (0.1#10.140)