5 Jet Tempur Andalan China, Siap Digunakan untuk Beragam Misi

Selasa, 28 Mei 2024 - 14:06 WIB
loading...
A A A
Chengdu J-10 menjadi jet tempur multi peran bermesin tunggal yang mampu beroperasi dalam segala cuaca. Perancangannya ditujukan untuk pertempuran udara hingga misi serangan.

Pada perkembangannya, J-10 memiliki banyak varian berbeda. Salah satu yang paling diburu adalah J10C yang mampu membawa rudal udara canggih seperti PL-10 dan PL-15.

Sejumlah fitur canggih tersedia di dalam J-10C ini, seperti Missile Approach Warning System (MAWS), Radar Warning Receiver (RWR), serta Laser Warning Detector (LWD). Kemudian, ada pula Infrared Search and Track (IRST) dan Active Electronically Scanned Array (AESA) radar yang semakin membuatnya tangguh.

3. Chengdu J-7


Chengdu J-7 pertama kali diproduksi pada 1966. Pengembangannya didasarkan pada jet tempur MiG-21 buatan Uni Soviet.

Meskipun terbilang era lama, jet tempur ini masih tetap beroperasi dan menjadi andalan. Beberapa negara di dunia bahkan masih memakainya untuk berbagai tujuan tertentu.

Pada perancangannya, Chengdu J-7 didesain guna pertempuran udara jarak pendek. Namun, saat ini China lebih sering menggunakannya untuk tujuan pencegahan.

4. Shenyang J-15


Berikutnya ada Shenyang J-15. Jet tempur ini pertama kali diperkenalkan pada 2013 dan masih dalam produksi.

Pada riwayatnya, J-15 terinspirasi oleh jet tempur Su-33 Uni Soviet. Namun, penggunaannya ditujukan untuk kapal induk Angkatan Laut China.

5. Shenyang J-11

Saat ini, Shenyang J-11 dipakai oleh PLAAF dan juga Angkatan Laut Tiongkok. Modelnya sendiri dulu didasarkan pada Su-27 asal Soviet.

Awalnya, Shenyang J-11 akan menggunakan mesin Rolls-Royce atau WS-10A buatan China. Namun, akhirnya pilihan jatuh pada mesin Lyulka AL-31F buatan Rusia.

Menariknya, pilihan tersebut membuahkan hasil bagus. Berbekal tenaga dari mesin itu, J-11 mampu mencapai kecepatan Mach 2.1. Pengembangan variannya pun masih terus dilakukan guna memperkuat kedalaman kekuatan tempur Angkatan Udara China.

Itulah beberapa jet tempur andalan China yang bisa diketahui.
(wbs)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2013 seconds (0.1#10.140)
pixels