Dunia Makin Aneh, Rusa yang Kelaparan Mampu Memangsa Ular

Sabtu, 17 Juni 2023 - 17:19 WIB
Dunia Makin Aneh, Rusa yang Kelaparan Mampu Memangsa Ular
Seorang warga Texas Bernama Trey Reinhard tanpa sengaja merekam seekor rusa berekor putih yang sedang memakan ular. Foto/Live Science
TEXAS - Seorang warga Texas Bernama Trey Reinhard tanpa sengaja merekam seekor rusa berekor putih yang sedang makan. Setelah diperbesar, dia terkejut karena rusa itu bukan memakan rumput, tapi mengunyah tubuh ular mati yang menjuntai bak spageti.

Video berdurasi 22 detik itu diunggah ke media sosial Instagram dan banyak mendapat perhatian netizen yang terkejut. Kejadian ini memicu kekhawatiran tentang pola makan rusa yang secara alami dikenal sebagai hewan pemakan tumbuhan (herbivora) bukan pemakan daging (karnivora).

Rusa memiliki sistem pencernaan yang dirancang mampu mengekstrak nutrisi dari selulosa, bahan berserat yang membentuk dinding sel tumbuhan. Dengan menggunakan sistem pencernaan empat bilik yang rumit, rusa mampu mengubahnya menjadi energi.

“Jadi kejadian ini merupakan sesuatu yang tidak biasa. Apalagi rusa tidak secara alami bukan pemburu binatang atau memakan daging,” tulis laman Live Science, Sabtu (17/6/2023).

Namun, para ahli punya data tentang kejadian langka rusa memakan selain rumput, sudah beberapa kali terekam. Sebelumnya, seekor rusa terekam sedang menggigit ikan hidup dan menelannya secara utuh.

Dalam rekaman lain, ada juga rusa yang langsung melahap sepotong steak dari restoran al fresco. Kamera lapangan telah menangkap gambar rusa yang tampak menggigit kelinci mati, dan mengendus tumpukan usus yang ditinggalkan oleh pemburu di alam liar.

Kejadian aneh, rusa memakan selain rumput, bahkan memakan daging ternyata terjadi lebih lebih dari satu kali. Pada tahun 1988, para peneliti mendokumentasikan rusa merah di Skotlandia memenggal kepala burung laut dan menggerogoti kaki dan sayapnya.

Dalam sebuah laporan dari tahun 1976 dijelaskan rusa berekor putih (Odocoileus virginianus) menyebabkan kematian beberapa burung bangkai burung yang dikunyah dengan baik. Kejaadian ini dikonfirmasi dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di American Midland Naturalist pada tahun 2000.