Inilah Kapal Pesiar Terbesar Dunia: Angkut 10.000 Orang, Bak Hotel Berjalan

Jum'at, 23 Agustus 2024 - 16:00 WIB
loading...
Inilah Kapal Pesiar...
Terlepas dari kontroversi seputar penggunaan LNG, minat terhadap Icon of the Seas sangat tinggi di kalangan penggemar pelayaran. Foto:
A A A
JAKARTA - Bintang sepak bola Argentina, Lionel Messi, bahkan ikut meresmikan kapal 20 dek ini pada 23 Januari 2024 silam.

Kapal ini secara resmi merupakan kapal pesiar terbesar di dunia. Lebih besar dibandingkan Wonder of the Seas milik Royal Caribbean, yang baru diluncurkan pada awal 2022.

Icon of the Seas adalah bukti inovasi dan ambisi Royal Caribbean dalam industri pelayaran. Meskipun ada kekhawatiran tentang dampak lingkungannya, kapal ini menjanjikan pengalaman liburan tak terlupakan bagi ribuan tamu, mendorong batas-batas apa yang mungkin dilakukan di laut lepas.

Kapal pesiar terbesar di dunia, Icon of the Seas milik Royal Caribbean, sudah mulai berlayar dari Port of Miami, menawarkan pengalaman liburan yang sulit dilupakan untuk 10.000 penumpang dan awak kapal dengan berbagai fasilitas dan kemewahan.

Spesifikasi Ikon of the Seas
Inilah Kapal Pesiar Terbesar Dunia: Angkut 10.000 Orang, Bak Hotel Berjalan

Panjang: Hampir 1.200 kaki (365 meter)
Gross Tonnage: 250.800
Kapasitas Penumpang: 7.600
Kapasitas Awak: 2.350
Jumlah Dek: 20 (18 untuk tamu)
Biaya Pembangunan: USD2 miliar

Inovasi dan Rekor Dunia
Inilah Kapal Pesiar Terbesar Dunia: Angkut 10.000 Orang, Bak Hotel Berjalan

Water Park Terbesar di Laut: Category 6 seluas 17.000 kaki persegi dengan enam seluncuran air, termasuk Frightening Bolt, seluncuran jatuh tertinggi di laut.

Kolam Renang Terbesar di Laut: Royal Bay dengan kapasitas 40.000 galon air.

Arena Es Terbesar di Laut: Absolute Zero untuk skating atau menonton pertunjukan.

Orkestra Terbesar di Laut: 16 musisi.

Lebih dari 40 Restoran, Bar, dan Lounge: Termasuk 21 pilihan baru, seperti jendela sushi walk-up di Izumi dan restoran khusus Empire Supper Club.

28 Jenis Akomodasi: Mulai dari kabin interior plus hingga Ultimate Family Townhouse tiga lantai dengan fasilitas mewah.

Infinity Pool Pertama yang Digantung di Laut: The Hideaway dengan pemandangan laut tanpa gangguan, menggantung 135 kaki di atas laut.

Lingkungan "Surfside" Baru: Dirancang khusus untuk keluarga dengan anak usia 6 tahun ke bawah, dengan komidi putar, area bermain air, dan restoran ramah keluarga.

Keberlanjutan dan Kontroversi
Inilah Kapal Pesiar Terbesar Dunia: Angkut 10.000 Orang, Bak Hotel Berjalan

Meskipun Royal Caribbean mengklaim bahwa Icon of the Seas 24% lebih hemat energi daripada kapal yang dirancang saat ini dan berencana untuk memperkenalkan kapal tanpa emisi pada 2035, penggunaan bahan bakar gas alam cair (LNG) menuai kritik.

LNG menghasilkan lebih sedikit emisi sulfur oksida dan nitrogen oksida dibandingkan bahan bakar minyak berat tradisional, tetapi masih menghasilkan emisi karbon dioksida dan metana, gas rumah kaca yang kuat.

"Keputusan Royal Caribbean untuk menggunakan LNG adalah kesalahan iklim terbesar mereka," kata Bryan Comer, direktur program kelautan di The International Council on Clean Transportation.

"LNG sebagian besar adalah metana, gas rumah kaca yang memerangkap lebih dari 80 kali lebih banyak panas daripada karbon dioksida dalam 20 tahun pertama setelah dilepaskan. Icon of the Seas menggunakan mesin yang melepaskan metana ke atmosfer dalam bentuk 'methane slip.'"



Organisasi tersebut mengatakan LNG hanya dapat "berkontribusi secara signifikan untuk mencapai tujuan iklim" ketika methane-slip dan faktor-faktor lain sangat dikurangi atau dihilangkan, yang masih merupakan tantangan besar.

Kapal ini menghasilkan lebih dari 93% air tawarnya melalui reverse osmosis. Dan Icon of the Seas juga memiliki sistem waste-to-energy pirolisis berbantuan microwave (MAP) pertama, yang digunakan untuk mengubah limbah di kapal menjadi gas yang dapat digunakan kapalsebagaienergi.
(dan)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1379 seconds (0.1#10.140)