Arkeolog Uji Kebenaran Makam Penyihir Merlin di Skotlandia

Kamis, 05 September 2024 - 09:00 WIB
loading...
A A A
Berbeda dengan penggambaran klasik Merlin sebagai penasihat bijaksana dan dihormati bagi Raja Arthur, legenda Drumelzier menggambarkan sosok yang jauh lebih kelam.

Merlin disebut sebagai seorang pria yang menyedihkan, cenderung mengucapkan teka-teki yang tidak masuk akal dan ramalan yang membingungkan. Ia dipenjara oleh seorang penguasa dari kerajaan kecil yang terlupakan, sebelum akhirnya meninggal dengan cara yang mengerikan, yaitu menjadi korban intrik kerajaan.

Penggalian di Thirlestane Barrows di sisi lain Sungai Tweed juga menemukan bahwa sekitar akhir abad ke-3 dan akhir abad ke-6 M, sebuah gundukan persegi dibangun di atas makam dua individu dengan status elit yang luar biasa.

Selain itu, serpihan bilah batu api dari periode Mesolitikum Akhir/Neolitikum Awal ditemukan di puncak Tinnis, memberikan jejak samar dari kelompok manusia pertama yang pernah mendaki bukit yang menonjol ini.

"Apakah cerita itu menempel pada gundukan Zaman Perunggu di Thirlestane, monumen ini jelas memiliki arti dalam lanskap, sehingga gundukan persegi dibangun begitu dekat setelah jeda dua milenium. Kita tidak boleh melupakan bahwa orang-orang Tweeddale kuno menyadari sejarah di bawah kaki mereka dan orang-orang yang datang sebelum mereka, dan melalui cerita rakyat setempat, kisah tentang masa lalu mereka diwariskan," kata Toolis.
(msf)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2157 seconds (0.1#10.140)