Ini Alasan Kenapa Tentara Penjaga Ratu Inggris Menggunakan Topi Tinggi

Senin, 15 Februari 2021 - 10:35 WIB
loading...
Ini Alasan Kenapa Tentara Penjaga Ratu Inggris Menggunakan Topi Tinggi
Foto/dok
LONDON - Tentara kerajaan Ingris yang menjaga Ratu Elizabet II di istananya biasa menggunakan seragam khusus yang sangat uik dengan topi tinggi dari kulit beruang. Ternyata penggunaan topi tinggi ini ada sejarahnya dan tetap digunakan hingga kini.

Seragam yang kini digunakan oleh tentara kerajaan Inggris dirancang sejak tahun 1800-an. Saat itu sedang terjadi perang dengan Prancis dan seragam tersebut untuk mengintimidisai lawannya. (Baca: Menyingkap Misteri Pembunuhan Pangeran Muda oleh Raja Richard III)

Richard Fitzwilliams, seorang komentator kerajaan yang berbasis di London mengatakan, ide awal membuat seragam itu agar prajurit kerajaan terlihat lebih tinggi dan untuk menakutkan musuh. Mereka digunakan saat melawan Prancis dalam perang Napoleon. Bahkan, Pengawal Kekaisaran Napoleon juga memakainya," katanya seperti dikutip Live Science.

Topi tersebut terbuat dari bulu beruang hitam Kanada (Ursus americanus) yang diburu setiap tahun untuk mengontrol jumlahnya. Topi tersebut setinggi 46 sentimeter, awalnya ide memakai topi tinggi membuat para tentara tidak nyaman. (Baca juga: Waspada, Ini Penyebab Cuaca Ekstrim di Indonesia)



Saat ini, hiasan kepala menambahkan sedikit kemegahan pada seragam Angkatan Darat Inggris ketika tentaranya sedang melakukan tugas seremonial, seperti pergantian penjaga di Istana Buckingham atau parade tahunan untuk ulang tahun resmi ratu.

Kedati begitu, tentara kerajaan ini tetap menggunakan seragam biasa ketika mendapat tugas di Angkatan Darat Inggris. "Mereka bekerja secara bergilir, ketika mereka mendapat tugas militer maka seragamnya standar angkatan darat biasa," katanya.

Fitzwilliams mengatakan, sedangkan seragam merah yang digunakan tentara kerajaan, ada desas-desus lama bahwa Inggris memilih merah tua karena menyamarkan noda darah, yang buruk untuk moral dan tidak sedap dipandang.



Tapi pendapat itu sangat tidak masuk akal, kata Fitzwilliams. Sebaliknya, semuanya bermuara pada berhemat. "Alasan tentara Inggris secara tradisional memakai warna merah adalah karena itu pewarna termurah dan paling banyak tersedia," kata Fitzwilliams. (Baca juga: Arkeolog Temukan Bukti yang Bisa Patahkan Klaim Columbus Lebih Dahulu ke Alaska)

Jadi, ratu Inggris dijaga oleh perwira yang mengenakan seragam yang sama seperti tentara yang bertugas aktif dua abad lalu. Tradisi seperti inilah yang membuat bangsawan Inggris terkenal di seluruh dunia.
(ysw)
preload video
KOMENTAR ANDA