Bagaimana Polusi Plastik Tersebar? Begini Caranya

Senin, 23 November 2020 - 05:28 WIB
loading...
A A A
Polistiren adalah mikropartikel plastik pembentuk styrofoam yang sering mengotori tanah dan saluran air melalui bahan pengiriman dan wadah makanan cepat saji. Media berpori yang mereka buat sangat mirip dengan struktur media yang terjadi secara alami, termasuk tanah, sedimen, dan akuifer air tanah.

Biasanya, media berpori memiliki warna buram sehingga orang tidak dapat melihat apa yang dilakukan mikropartikel atau bagaimana mereka mengalir. Peneliti juga biasanya mengukur apa yang masuk dan keluar dari media, kemudian mencoba menyimpulkan proses yang terjadi di dalamnya.

Baca juga : Pertama Kali, Dinosaurus Asli dalam Keadaan Utuh Dipamerkan

"Kami menemukan trik untuk membuat media transparan. Kemudian dengan menggunakan mikropartikel fluoresen, kita bisa melihat dinamikanya secara real time menggunakan mikroskop. Hal yang menyenangkan adalah kita benar-benar dapat melihat apa yang dilakukan partikel individu dalam kondisi percobaan yang berbeda," jelas Datta.

Penelitian ini menunjukkan bahwa meskipun mikropartikel Styrofoam benar-benar berhenti di beberapa titik, tapi pada akhirnya mereka di dorong bebas. Ini yang terjadi selama masa percobaan berlangsung.

Hasil penelitian bermanfaat dalam meningkatkan parameter bagi model skala yang lebih besar untuk memprediksi jumlah dan lokasi kontaminasi. Model akan didasarkan pada berbagai jenis media berpori dan bervariasi.
(fan)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1807 seconds (0.1#10.140)