Hand Sanitizer Bebas Alkohol Sama Efektifnya dengan Beralkohol

Senin, 14 Desember 2020 - 02:04 WIB
loading...
Hand Sanitizer Bebas Alkohol Sama Efektifnya dengan Beralkohol
Ilustrasi Hand Sanitizer Bebas Alkohol. Foto : Universitas Brigham Young
A A A
Jakarta - Universitas Brigham Young (BYU), Amerika Serikat, telah menemukan bahwa pembersih tangan bebas alkohol sama efektifnya dengan produk berbasis alkohol dalam mendisinfeksi permukaan dari virus Covid-19. Mereka menggunakan benzalkonium klorida untuk melawan virus tersebut.

Para peneliti merawat sampel virus Corona baru dengan benzalkonium klorida dan beberapa senyawa amonium kuaterner lainnya, yang biasa ditemukan dalam disinfektan. Dalam sebagian besar kasus uji, senyawa tersebut memusnahkan setidaknya 99,9% virus dalam waktu 15 detik.

Baca juga : Pencipta WiFi, Norman Abramson Meninggal Dunia di Usia 88 Tahun

"Hasil kami menunjukkan bahwa pembersih tangan bebas alkohol bekerja dengan baik, jadi kami bisa bahkan mungkin harus menggunakannya untuk mengendalikan Covid-19," kata peneliti Benjamin Ogilvie, dikutip dari Scitechdaily.

Ogilvie menjelaskan bahwa pembersih buatannya dan tim memiliki sejumlah keunggulan dibandingkan produk pembersih tangan berbasis alkohol. Pembersih tangan bebas alkohol juga efektif melawan virus flu dan pilek.

"Benzalkonium klorida dapat digunakan dalam konsentrasi yang jauh lebih rendah dan tidak menyebabkan perasaan 'terbakar' yang mungkin Anda ketahui dari penggunaan pembersih tangan beralkohol," tambahnya.

Pembersih tangan bebas alkohol dapat membuat hidup lebih mudah bagi orang-orang yang harus sering membersihkan tangan seperti petugas kesehatan. Pembersih ini juga mungkin bisa meningkatkan kepatuhan terhadap pedoman sanitasi.

Mahasiswa Antonio Solis Leal yang melakukan ekperimen juga mengungkapkan bahwa memiliki lebih banyak pilihan untuk mendisinfeksi rumah sakit dan tempat umum sangatlah penting. Artinya, pencegahan infeksi Covid-19 dapat dilakukan dengan berbagai cara.

Bagi sebagian orang, alkohol merupakan bagian penting dalam mendisinfeksi permukaan tangan. Namun, beralih ke pembersih tangan bebas alkohol juga sederhana secara logistik.

Baca juga : Gas-Gas Persembahan Nyata Yogyakarta Buat Sang Raja 135
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1630 seconds (0.1#10.140)