10 Penyakit Teraneh di Tahun 2020, Ada yang Mirip Santet

Kamis, 31 Desember 2020 - 06:44 WIB
loading...
10 Penyakit Teraneh di Tahun 2020, Ada yang Mirip Santet
Dokter menemukan ada batu kalsifikasi sepanjang 1,5 inci (4 cm) di usus seorang perempuan. Batu itu terbentuk seumur hidupnya akibat operasi yang dijalani pada waktu kecil. Foto/BMJ 2020
A A A
JAKARTA - Dunia medis tahun ini menemukan sejumlah kasus penyakit aneh yang dialami pasien. Mulai dari urine hijau hingga kasus seperti santet , yakni ada remaja dengan jarum jahit di hatinya. (Baca juga: Belajar Wabah-Wabah Penyakit yang Telah Lalu lewat Buku )

Laporan kasus ini tidak memiliki implikasi luas seperti yang terlihat dalam studi ilmiah, layaknya sebuah wabah. Tapi mereka dapat membantu dokter lebih memahami penyakit langka atau melihat tanda-tanda kondisi umum yang tidak biasa.

Berikut 10 laporan kasus teraneh yang dirangkum Live Science pada 2020:

1. Air Urine Berwarna Hijau
10 Penyakit Teraneh di Tahun 2020, Ada yang Mirip Santet

Foto/Jurnal Kedokteran New England 2020

Seorang pria di Chicago, AS, mengeluhkan urine atau air seninya hijau. Ini akibat efek samping yang langka dari beberapa obat.

Pria berusia 62 tahun itu dirawat di rumah sakit setelah diketahui memiliki kadar karbon dioksida yang tinggi dalam darahnya, suatu kondisi yang dapat mengancam nyawa. Pria itu ditempatkan di ventilator dan diberi anestesi umum yang disebut propofol, menurut laporan kasus yang diterbitkan 2 Desember di The New England Journal of Medicine. Lima hari kemudian, urin pria itu, yang ditampung dalam kantong kateter, berubah menjadi hijau.

Urin berwarna hijau dapat disebabkan oleh sejumlah faktor, dalam hal ini penyebabnya adalah propofol. Obat ini banyak digunakan untuk anestesi umum, tetapi dalam kasus yang jarang terjadi, dapat mengubah urin seseorang menjadi hijau.

Untungnya, perubahan warna ini tidak berbahaya dan hilang begitu pengobatan dihentikan. Ya urin pasien kembali ke warna normal setelah dikeluarkan dari propofol, kata laporan itu.

2. Alergi Dingin
10 Penyakit Teraneh di Tahun 2020, Ada yang Mirip Santet

(Foto/Shutterstock/Live Science)

Orang dapat mengalami alergi pada hampir semua hal, termasuk udara dingin. Hal itu ditemui seorang pria di Colorado, AS, yang reaksi alerginya terhadap dingin sangat parah dan bahkan hampir menewaskannya.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2052 seconds (0.1#10.140)