10 Penyakit Teraneh di Tahun 2020, Ada yang Mirip Santet

Kamis, 31 Desember 2020 - 06:44 WIB
loading...
A A A
Ia didiagnosis mengidap hot tub lung, penyakit yang dapat terjadi saat orang menghirup bakteri aerosol tertentu. Masuk dalam genus Mycobacterium, termasuk Mycobacterium avium.

Analisis air kolam dari rumah remaja itu menemukan bahwa air itu terkontaminasi bakteri ini. Keluarga tersebut mengatakan mereka baru-baru ini mengganti pembersih yang mereka gunakan untuk kolam renang mereka, dari klorin ke alternatif non-klorin, dan ini memungkinkan bakteri tumbuh.

Beberapa orang lain di keluarga remaja itu mengalami masalah pernapasan, kemungkinan juga karena hot tub lung. Dua tahun kemudian, keluarganya telah pulih tetapi paru-paru mereka masih menunjukkan tanda-tanda kerusakan ringan akibat penyakit tersebut.

10. Batu Kalsifikasi
10 Penyakit Teraneh di Tahun 2020, Ada yang Mirip Santet

(Foto/Laporan Kasus BMJ 2020)

Seorang perempuan dilarikan ke ruang gawat darurat karena sakit perut dan muntah. Gejalanya adalah akibat komplikasi dari operasi yang dialaminya enam dekade sebelumnya.

Dokter menemukan ada batu kalsifikasi sepanjang 1,5 inci (4 cm) di ususnya, menurut laporan kasus yang diterbitkan 8 Januari di jurnal BMJ Case Reports. Ternyata batu itu telah berkembang di dalam wanita itu selama hampir seluruh hidupnya. (Baca juga: 'Saya Prof Astronomi dan Alien Mungkin Ada di Luar Sana' )

Ketika pasien berusia enam hari, dia telah menjalani operasi penyumbatan usus. Tetapi metode pembedahan yang digunakan dokternya meninggalkan bagian usus yang tidak aktif di tubuhnya, yang menumpuk zat dari waktu ke waktu, dan secara bertahap menyebabkan pembentukan batu tersebut. Dokter berhasil mengangkat batu tersebut melalui operasi, dan pasein sembuh total.
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1766 seconds (0.1#10.140)