10 Penyakit Teraneh di Tahun 2020, Ada yang Mirip Santet

Kamis, 31 Desember 2020 - 06:44 WIB
loading...
A A A
Pria berusia 34 tahun itu pingsan setelah keluar dari pancuran air panas ke kamar mandi dingin, menurut laporan kasus yang diterbitkan 27 Oktober di The Journal of Emergency Medicine. Pria itu berjuang untuk bernapas dan kulitnya dipenuhi gatal-gatal. Dia mengalami reaksi alergi yang mengancam nyawa di seluruh tubuh yang dikenal sebagai anafilaksis.

Dokter mendiagnosisnya dengan urtikaria dingin, reaksi alergi pada kulit setelah terpapar suhu dingin, termasuk udara dingin atau air dingin. Gejala yang paling umum adalah ruam merah dan gatal (gatal-gatal) setelah terpapar dingin, tetapi dalam kasus yang lebih serius, orang dapat mengembangkan anafilaksis, yang dapat menyebabkan tekanan darah turun dan saluran udara menyempit. Akibat si penderita sulit bernapas.

Pria itu dirawat dengan antihistamin dan steroid, sehingga kondisinya membaik. Dia diresepkan injektor otomatis epinefrin, yang dapat mengobati anafilaksis dalam situasi darurat.

3. Licorice Mematikan
10 Penyakit Teraneh di Tahun 2020, Ada yang Mirip Santet

(Foto/Shutterstock/Live Science)

Ada kemungkinan overdosis pada permen, setidaknya jika Anda makan licorice hitam. Itu karena mengandung senyawa yang diketahui beracun dalam dosis besar. Dalam kasus ekstrim yang terjadi ini, seorang pria di Massachusetts meninggal setelah makan terlalu banyak licorice hitam.

Pria berusia 54 tahun itu tiba-tiba pingsan setelah mengalami masalah irama jantung yang mengancam nyawa, menurut laporan kasus tersebut, yang diterbitkan 23 September di The New England Journal of Medicine. Keluarganya mengatakan, pria itu memiliki pola makan yang buruk, dan dalam beberapa pekan terakhir, korban telah mengonsumsi satu hingga dua paket besar licorice hitam setiap hari. Meski menerima banyak perawatan di unit perawatan intensif, pria itu meninggal 32 jam setelah tiba di rumah sakit.

Licorice hitam sering mengandung senyawa yang disebut glycyrrhizin, yang berasal dari akar licorice, menurut Food and Drug Administration (FDA). Mengkonsumsi terlalu banyak akar licorice atau permen yang dibumbui dengan akar licorice bisa berbahaya karena glycyrrhizin menurunkan kadar kalium tubuh. Ini, pada gilirannya, dapat menyebabkan tekanan darah tinggi dan irama jantung yang tidak normal.

FDA mengatakan makan hanya 2 ons licorice hitam sehari selama selama dua pekan dapat menyebabkan masalah irama jantung, terutama bagi orang yang berusia 40 tahun ke atas.

4. Jantung Tertusuk Jarum
10 Penyakit Teraneh di Tahun 2020, Ada yang Mirip Santet

(Foto/Shutterstock/Live Science)

Sakit dada pada seorang remaja memiliki penyebab yang mengejutkan. Ternya ada jarum jahit di jantung pasien remaja ini.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1639 seconds (0.1#10.140)