10 Penyakit Teraneh di Tahun 2020, Ada yang Mirip Santet

Kamis, 31 Desember 2020 - 06:44 WIB
loading...
A A A
Gadis berusia 17 tahun itu dilarikan ke ruang gawat darurat setelah mengalami rasa sakit yang tajam di dadanya yang menjalar ke punggungnya, menurut laporan kasus tersebut, yang diterbitkan pada 29 Juli di The Journal of Emergency Medicine. Sebuah CT scan di dada remaja ini menunjukkan ada benda "asing logam linier" yang bersarang di jantungnya.

Benda itu ternyata adalah jarum jahit berukuran 1,4 inci (3,5 sentimeter), yang dikeluarkan dokter melalui operasi jantung terbuka.

Remaja itu awalnya memberi tahu dokter bahwa dia tidak menelan benda asing atau mengalami trauma fisik di dadanya. Namun dalam wawancara selanjutnya, dia mengungkapkan bahwa dia menjahit pakaiannya dan terkadang memegang pin jahit di mulutnya. Tetap saja, dia bilang dia tidak sadar menelan jarum.

Benda asing di jantung jarang terjadi, terutama pada anak-anak dan remaja. Untungnya, remaja tersebut pulih setelah operasi dan tidak mengalami komplikasi sejauh yang penulis ketahui.

5. Kandung Kemih Jadi Pabrik Bir
10 Penyakit Teraneh di Tahun 2020, Ada yang Mirip Santet

(Foto/Shutterstock/Live Science)

Kandung kemih wanita berubah menjadi semacam tempat pembuatan bir ketika gula mulai difermentasi menjadi alkohol. Wanita berusia 61 tahun itu membutuhkan transplantasi hati karena dia menderita sirosis, atau jaringan parut pada hati.

Tetapi dokternya bingung ketika urinnya berulang kali dinyatakan positif mengandung alkohol, meskipun dia menolak minum, menurut laporan kasus tersebut, yang diterbitkan 24 Februari di jurnal Annals of Internal Medicine.

Setelah beberapa pemeriksaan hati-hati, dokter menemukan adanya mikroba di kandung kemih wanita. Mikroba itu memfermentasi glukosa (gula) menjadi alkohol.

Kondisi wanita tersebut mirip dengan kelainan langka yang disebut "sindrom auto-brewery" (ABS), di mana mikroba di saluran pencernaan mengubah karbohidrat menjadi alkohol. Orang dengan ABS bisa mabuk hanya dari makan karbohidrat. Namun dalam kasus wanita, fermentasi terjadi di kandung kemihnya, yang membuat kondisinya berbeda dari ABS, kata laporan itu. Dalam kasusnya, alkohol tidak masuk dari kandung kemih ke aliran darah, jadi wanita itu tidak tampak mabuk.

Kondisi wanita itu sangat langka bahkan belum ada nama penyakitnya. Dokter mengusulkan untuk menyebutnya "sindrom pembuatan bir otomatis kemih" atau "sindrom fermentasi kandung kemih".
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0920 seconds (0.1#10.140)