10 Penyakit Teraneh di Tahun 2020, Ada yang Mirip Santet

Kamis, 31 Desember 2020 - 06:44 WIB
loading...
A A A
6. Limpa yang "Mengembara"
10 Penyakit Teraneh di Tahun 2020, Ada yang Mirip Santet

(Foto/The New England Journal of Medicine)

Seorang wanita di Michigan, AS, ditemukan limpanya "menjelajah" ke dalam tubuhnya selama 48 jam. Pasien memiliki kondisi langka yang dikenal sebagai "limpa berkeliaran", kasus yang terjadi ketika ligamen yang menahan limpa di tempat biasanya melemah dan memungkinkan organ untuk bermigrasi di dalam tubuh.

Hasil CT scan pada perut wanita yang diambil hanya dengan jarak dua hari menunjukkan bahwa limpanya telah berpindah dari kuadran kiri atas perutnya ke kuadran kanan bawah, menurut laporan kasus yang diterbitkan 19 November di The New England Journal of Medicine. Itu berjarak sekitar 1 kaki (0,3 meter), kata penulis.

Wanita tersebut memiliki kondisi hati yang mengakibatkan limpa membesar, yang pada gilirannya menyebabkan ligamen di sekitar limpa meregang. Pengobatan khas untuk limpa yang berkeliaran adalah pengangkatan limpa. Tetapi dalam kasus ini, pasien berharap untuk menerima transplantasi hati, dan menjalani operasi terpisah untuk mengangkat limpa dapat mengakibatkan komplikasi yang akan mencegahnya memenuhi syarat untuk mendapatkan hati baru.

Jadi dokter memutuskan untuk menunggu, dan berencana untuk mengangkat limpa pada saat yang sama dengan operasi transplantasi hatinya.

7. Virus Korona yang Persisten
10 Penyakit Teraneh di Tahun 2020, Ada yang Mirip Santet

(Foto/NIAID-RML)

Orang dengan COVID-19 biasanya menular selama sekitar delapan hari setelah mereka tertular infeksi. Tetapi seorang wanita di negara bagian Washington melepas partikel virus menular selama 70 hari. Artia, dia menularkan dalam jangka waktu selama itu.

Fatalnya dia tidak pernah menunjukkan gejala penyakit itu, menurut laporan kasus yang diterbitkan 4 November di jurnal Cell.

Perempuan berusia 71 tahun itu mengidap jenis leukemia, atau kanker sel darah putih, sehingga sistem kekebalan tubuhnya melemah dan kurang mampu membersihkan tubuhnya dari virus Corona baru, yang dikenal sebagai SARS-CoV-2.

Wanita itu terinfeksi pada akhir Februari saat wabah COVID-19 pertama dilaporkan di AS. Kasus terjadi di fasilitas rehabilitasi Life Care Center di Kirkland, Washington. Selama 15 pekan, wanita itu akan dites COVID-19 lebih dari selusin kali.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1464 seconds (0.1#10.140)