8 Bahasa Lisan Tertua di Dunia, Mandarin Paling Banyak Digunakan

Sabtu, 27 Februari 2021 - 11:30 WIB
loading...
8 Bahasa Lisan Tertua di Dunia, Mandarin Paling Banyak Digunakan
Ilustrasi foto/SINDOnews/Masyhudi
JAKARTA - Kebutuhan untuk berkomunikasi adalah kualitas inheren yang dimiliki semua makhluk hidup. Jika hewan memiliki cara berkomunikasi sendiri, manusia memiliki bahasa. Seperti halnya manusia yang berevolusi, begitu pula bahasa manusia. Dengan setiap perubahan generasi, bahasa telah berubah dalam banyak hal, baik besar maupun kecil.

Beberapa bahasa telah bercabang menjadi dialek berbeda, sementara beberapa lainnya telah punah. Beberapa lainnya masih tetap tidak berubah dari waktu asalnya sampai saat ini, diucapkan dan ditulis dalam bentuk yang sama seperti berabad-abad lalu. Berikut 8 bahasa lisan tertua di dunia. (Baca: Deretan Alat Komunikasi dari Masa ke Masa, Ada yang Masih Ingat?)

1. Basque

8 Bahasa Lisan Tertua di Dunia, Mandarin Paling Banyak Digunakan


Mulai Digunakan : Tidak diketahui
Negara / Area Asal : Negara Basque (Spanyol)
Jumlah Penutur : Kurang lebih 900.000



Bahasa Basque disebut sebagai bahasa paling misterius di dunia. Begitu misteriusnya bahasa ini sehingga para ilmuwan tidak dapat menentukan kapan kali pertama bahasa ini digunakan. Yang pasti bahasa ini merupakan bahasa yang masih hidup dari zaman pra-Indo-Eropa, sebelum bangsa Romawi mencapai Spanyol sekitar abad ke-2 Masehi.

Jadi, Basque sama sekali tidak terkait dengan bahasa Eropa lainnya, baik bahasa Prancis dan Spanyol "Romantis", dan hanya digunakan di wilayah negara Basque (Spanyol). Saat ini, 900.000 orang berbicara dan menganggap Basque sebagai bahasa ibu mereka.

2. China

8 Bahasa Lisan Tertua di Dunia, Mandarin Paling Banyak Digunakan


Mulai Digunakan : 1.250 SM
Negara / Area Asal : China dan sebagian Asia Tenggara
Jumlah Penutur : Sekitar 1,2 miliar



Bahasa paling banyak digunakan di dunia saat ini, bahasa Mandarin berasal dari lebih dari 3.000 tahun
lalu dengan sekitar 16% populasi dunia diperkirakan berbicara dalam bahasa ini (setiap enam orang di dunia dapat berbicara bahasa Mandarin).

Meskipun bentuk tertua dari bahasa China (China Kuno) tidak lagi digunakan, beberapa dialek yang bercabang dari bentuk aslinya, seperti Mandarin, Kanton, Wu, Min dan Yue saat ini digunakan secara luas, dengan bahasa Mandarin dan Kanton menjadi yang paling banyak digunakan. (Baca juga: Negara dengan Kematian Akibat Polusi Terbanyak di Dunia, Indonesia di Urutan ke-4)

Karena sifatnya yang digunakan secara luas, bahasa Mandarin adalah salah satu bahasa resmi PBB serta menjadi bahasa resmi Negara China, Taiwan, dan Singapura.
halaman ke-1
preload video
KOMENTAR ANDA