8 Bahasa Lisan Tertua di Dunia, Mandarin Paling Banyak Digunakan

Sabtu, 27 Februari 2021 - 11:30 WIB
loading...
A A A
Ini tidak terlalu mengejutkan, mengingat bahasa Tamil digunakan sebagai bahasa resmi di negara bagian Tamil Nadu di India, Wilayah Persatuan Puducherry, dan negara-negara Sri Lanka, India, dan Singapura. Bahasa Tamil dapat diklasifikasikan ke dalam bahasa Tamil klasik, modern, dan sehari-hari, dan ketiga bentuk ini masih digunakan sampai sekarang.

7. Ibrani

8 Bahasa Lisan Tertua di Dunia, Mandarin Paling Banyak Digunakan


Mulai Digunakan : Abad ke-10 SM
Negara / Area Asal : Israel
Jumlah Penutur : Sekitar 9 juta

Bahasa Ibrani disebut-sebut sebagai salah satu bahasa paling indah dan menarik di dunia. Bahasa Ibrani adalah bahasa resmi Negara Israel. Bahasa Ibrani hampir tidak ada lagi antara 200-400 M, ketika orang berhenti menggunakannya sebagai bahasa lisan sehari-hari. Namun, dengan munculnya Zionisme dalam dua abad terakhir, bahasa Ibrani mendapatkan kembali momentumnya dan digunakan oleh orang Yahudi di seluruh dunia. Bahasa Ibrani terdiri dari Bahasa Ibrani Modern (bahasa yang lebih umum diucapkan dan digunakan) atau Bahasa Ibrani Pra-modern (hanya digunakan untuk berdoa dan belajar) dan masih terus berkembang. (Baca juga: Dibeli Secara Obral, Mangkuk China Ini Ternyata Barang Antik yang Sangat Langka)

8. Gaelik Irlandia

8 Bahasa Lisan Tertua di Dunia, Mandarin Paling Banyak Digunakan


Mulai Digunakan : Abad ke-4 Masehi
Negara / Area Asal : Irlandia
Jumlah Penutur : Sekitar 74.000

Gaelik Irlandia pada kenyataannya adalah salah satu bahasa lisan tertua di dunia, meskipun kelompok penuturnya relatif kecil. Bahasa ini dikembangkan jauh sebelum bahasa Latin muncul dan disebut-sebut memiliki literatur vernakular tertua di antara bahasa Eropa Barat mana pun. Gaelik Irlandia saat ini diakui sebagai bahasa resmi Irlandia dan merupakan bahasa minoritas di Irlandia Utara.

Sumber: www.oldest.org
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2290 seconds (0.1#10.140)