Gerhana Bulan Total Hari Ini Akan Sangat Luar Biasa, Yuk Cari Tahu?

Rabu, 26 Mei 2021 - 06:01 WIB
loading...
Gerhana Bulan Total Hari Ini Akan Sangat Luar Biasa, Yuk Cari Tahu?
Ilustrasi gerhana bulan. Foto: dok/SINDOnews/Isra Triansyah
A A A
JAKARTA - Gerhana bulan total pertama tahun 2021 akan terjadi malam nanti Rabu (26/5/2021). Peristiwa malam nanti akan sangat luar biasa, karena akan menjadi supermoon, gerhana bulan, dan bulan darah merah sekaligus menjadi satu.

“Fenomena alam ini sangat menarik. Bukan hanya fenomena supermoon dan pada saat yang sama juga gerhana bulan total, namun gerhana bulan total ini juga berlangsung cukup lama. Fenomena ini berlangsung kurang lebih satu jam,” ,” ujar astrofisikawan Patrick Hartigan dari Rice University.



Apa itu Supermoon?

Supermoon adalah ketika bulan purnama atau bulan baru bertepatan dengan jarak terdekat Bulan ke Bumi. Titik terdekat di orbit, yang disebut perigee, kira-kira 45.000 kilometer (28.000 mil) lebih dekat ke Bumi daripada titik terjauh dari orbit.

Gerhana Bulan Total Hari Ini Akan Sangat Luar Biasa, Yuk Cari Tahu?


Bulan purnama yang terjadi di dekat perigee disebut supermoon. Jadi kenapa disebut super karena Jarak Bulan yang relatif dekat membuatnya tampak sedikit lebih besar dan lebih terang dari biasanya.

Bagaimana dengan Gerhana Bulan Total?

Gerhana bulan terjadi ketika bayangan bumi menutupi seluruh atau sebagian Bulan. Ini hanya bisa terjadi selama bulan purnama.

Seperti Bumi, separuh Bulan disinari matahari pada satu waktu. Bulan purnama terjadi ketika Bulan dan Matahari berada di sisi berlawanan dari Bumi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4763 seconds (0.1#10.140)