Kemenkes Keluhkan Banyaknya Penyebaran Hoax Soal Vaksin Covid-19

Jum'at, 26 Maret 2021 - 17:04 WIB
loading...
Kemenkes Keluhkan Banyaknya Penyebaran Hoax Soal Vaksin Covid-19
Hoax soal vaksin Covid-19 menjadi tantangan bagi Kemenkes dalam penyelenggaraan vaksinasi Covid-19. Foto: dok Halodoc
A A A
JAKARTA - Misinformasi dan disinformasi dirasakan menjadi tantangan utama bagi Kemenkes dalam penyelenggaraan vaksinasi Covid-19 .

Faktanya, tantangan terbesar penyelenggaraan vaksinasi Covid-19 bukan menggelar kegiatan vaksin. Tapi, untuk meyakinkan masyarakat agar mau di-vaksin. Kenapa susah diyakinkan? Karena masih banyak masyarakat yang keras kepala tidak mau di vaksin gara-gara membaca berita hoax terkait vaksin.



”Berita hoax itu tersebar 30 kali lebih cepat dari berita aslinya. Dapat dikatakan bahwa dalam 1 jam berita hoax dapat tersebar ke 300 orang, sementara berita asli baru tersebar ke 60 orang. Hal ini menjadi tantangan bagi kita,” ungkap Siti Nadia Tarmizi, Juru Bicara Vaksinasi Covid-19, sekaligus Direktur Pencegahan Penyakit Menular Langsung, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia di acara Google for Media belum lama ini.

Hasil survei yang dimiliki Kementerian Kesehatan Republik Indonesia sebelum proses vaksinasi berjalan menunjukkan ada sekitar 7% responden yang masih tidak mau mendapatkan vaksinasi dan ada 30% responden yang masih ragu-ragu.

Sedangkan untuk keluar dari situasi pandemi Covid-19 dan untuk menekan angka kesakitan dan kematian, masyarakat harus menerima vaksinasi ini secara bersama-sama untuk menciptakan kekebalan kelompok.

Kemenkes Keluhkan Banyaknya Penyebaran Hoax Soal Vaksin Covid-19

Menurut Dokter Nadia, Kemenkes sendiri terus berupaya untuk menyampaikan informasi dan literasi tentang vaksinasi Covid-19 untuk menghilangkan keraguan dan agar masyarakat siap untuk divaksin.

Berbagai upaya dilakukan, yaitu dengan menyampaikan informasi melalui media digital dan konvensional untuk menjangkau masyarakat Indonesia yang luas dan target penerima vaksin yang sebanyak 181,5 juta jiwa.

Sejak akhir Januari hingga Maret 2021, Indonesia telah melakukan vaksinasi tahap pertama dan kedua dari rencana awal untuk melakukan vaksinasi kepada 181,5 juta sasaran vaksinasi Covid-19.



Dokter Nadia menyampaikan bahwa pada tahap pertama vaksinasi yang ditujukan kepada tenaga kesehatan, sebanyak 1,4 juta tenaga kesehatan telah menerima dosis pertama dan 1,2 juta sudah mendapatkan dosis kedua.

Sementara itu, vaksinasi tahap kedua yang ditujukan untuk usia diatas 60 tahun dan juga pekerja pemberi pelayanan publik juga mulai berjalan. Sebanyak 1,1 juta pemberi pelayanan publik dan 540.000 orang berusia diatas 60 tahun saat ini sudah tervaksinasi dosis pertama.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2478 seconds (0.1#10.140)