Waspada! Varian C.1.2 Lebih Berbahaya dari Mutasi COVID-19 Sebelumnya

Kamis, 09 September 2021 - 11:57 WIB
loading...
Waspada! Varian C.1.2 Lebih Berbahaya dari Mutasi COVID-19 Sebelumnya
Ilustrasi Virus COVID-19. FOTO/ IST
A A A
NEW YORK - Varian baru strain C.1.2 yang merupakan mutasi dari virus yang lebih berbahaya pertama kali ditemukan di Afrika Selatan pada bulan Mei lalu. Kini telah menyebar ke 8 dari 9 provinsi di Afrika Selatan, dan setidaknya 8 negara termasuk China, Inggris, Selandia Baru dan lainnya.

Seperti dilansir dari Fox News melaporkan bahwa studi terbaru menunjukkan bahwa C.1.2 memiliki tingkat mutasi yang sangat tinggi. Dibandingkan dengan galur COVID-19 asli, ada 44-59 mutasi baru yang mulai terdeteksi.

Dr. Lin Xiaoxu, seorang ahli virologi Amerika Serikat mengatakan bahwa kelebihan terbesar dari virus varian baru C.1.2 adalah tingkat mutasinya yang cukup kuat dan cepat menular.

“Pertama-tama, virus ini mencakup kisaran dan jumlah mutasi yang relatif besar. Seperti yang Anda semua tahu, empat jenis varian virus penting saat ini Alpha, Beta, Gamma dan Delta telah menyebar luas di banyak negara di dunia. Selain varian ini, masih ada lagi beberapa titik mutasi baru, tingkat mutasi yang cukup kuat, ini yang menjadi kelebihan terbesar dari strain virus ini”, kata Dr. Lin Xiaoxu.

Lin Xiaoxu mengatakan bahwa mutasi yang baru terjadi ini, lebih efektif di dalam bergabung dengan tubuh manusia, dan juga mengandung mutasi yang memiliki fungsi yang lebih baik dalam mengatasi kekebalan tubuh manusia.

Para peneliti mengatakan bahwa varian virus C.1.2 menyebar pada tingkat eksponensial setiap bulannya, ia hanya menyumbang 0,2% dari semua kasus yang baru ditemukan, tetapi pada bulan Juli, proporsinya telah meningkat menjadi 2%, berarti naik 10 kali lipat.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3159 seconds (0.1#10.140)