7 Penemuan Arkeologi Paling Misterius, Salah Satunya Ada di Indonesia

Minggu, 31 Oktober 2021 - 16:29 WIB
loading...
A A A
Namun penguburan tergesa-gesa dari tokoh kerajaan ini juga memunculkan misteri lain: Ada kemungkinan bahwa makam Raja Tut awalnya dibangun untuk orang lain, dan mungkin ada mumi lain yang belum ditemukan yang dikubur di makam yang sama.

4. Manusia Kerdil

7 Penemuan Arkeologi Paling Misterius, Salah Satunya Ada di Indonesia


Penemuan fosil mausia kerdil atau hobbit pada 2003 di pulau Flores yang terpencil di Indonesia hingga kini belum terpecahkan oleh para ilmuwan. Tulang belulang hominin purba mungil Homo floresiensis ini dijuluki ilmuwan sebagai "the Hobbit."

Kerangka H.floresiensis pertama yang pernah ditemukan adalah milik wanita dewasa berusia 30 tahun dengan tinggi sekitar 1,06 meter. Pada awalnya, para peneliti percaya tulang kecil itu mungkin milik manusia dengan mikrosefaliakondisi yang ditandai dengan kepala kecil dan perawakan pendek.

Tetapi penemuan-penemuan selanjutnya dari kerangka berukuran sama menunjukkan bahwa Hobbit bukan hanya manusia kecil, itu adalah spesies tersendiri. Namun, tempat pasti H. floresiensis dalam silsilah keluarga hominin masih menjadi misteri.

5. Tabut Perjanjian

7 Penemuan Arkeologi Paling Misterius, Salah Satunya Ada di Indonesia


Menurut kitab kuno, Tabut Perjanjian adalah peti kayu bertatahkan emas yang berisi kitab dari 10 perintah. Pada zaman dahulu, kotak suci ini disimpan di First Temple, tempat ibadah orang Yahudi di Yerusalem.

Tetapi Bait Suci Pertama dihancurkan pada tahun 587 SM oleh tentara Babilonia yang dipimpin oleh Raja Nebukadnezar II. Tidak ada yang tahu pasti apa yang terjadi dengan peti bertahtakan emas itu, meskipun sudah banyak orang yang telah mencarinya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1881 seconds (0.1#10.140)