Mengapa Kita Suka Melihat Penampakan Hantu, Ternyata Begini Penjelasan Ilmiahnya

Selasa, 02 November 2021 - 17:45 WIB
loading...
A A A
Karbon monoksida tidak berbau dan tidak berwarna sehingga sulit terdeteksi oleh indera manusia. Namun, sumber karbon monoksida ada di sekitar kita yang dapat menyebabkan halusinasi pendengaran dan perasaan takut.

Dari penelitian pada 1920-an, terhadap rumah yang dianggap berhantu karena penghuninya kerap mendengar langkah kaki, melihat penampakan, dan merasakan kehadiran roh jahat, para ilmuwan menemukan fakta mengejutkan. Ternyata mereka menemukan keracunan karbon monoksida dari tungku yang rusak.
Mengapa Kita Suka Melihat Penampakan Hantu, Ternyata Begini Penjelasan Ilmiahnya


Pengaruh Kuat Sugesti
Jangan remehkan cerita orang atau kata orang, karena itu punya pengaruh kuat atau memberi sugesti besar pada kita. Termasuk dalam soal hantu, cerita seseorang atau sejumlah orang di lingkungan sekitar soal hantu, memberikan efek yang kuat pada kita tentang hantu.

Padahal sebelumnya, kita tidak pernah tahu soal hantu di suatu tepat atau lingkungan, namun cerita orang lain mampu mengubah pikiran kita. Meskipun kita tidak pernah mengalami langsung, tapi cerita itu seolah meyakinkan kita.

Celakanya, kita sering keliru menginterpretasikan apa yang kita dengar, kita lihat, kita rasakan, berdasarkan sugesti cerita orang lain. Padahal belum tentu apa yang kita hadapi, sama dengan yang orang lain temukan. (Baca juga; Begini Proses Terjadinya Ombak di Sungai Kampar atau Bono Kampar )
Mengapa Kita Suka Melihat Penampakan Hantu, Ternyata Begini Penjelasan Ilmiahnya


Menikmati Rasa Takut
Ahli saraf menemukan bahwa otak melepaskan dopamin, zat kimia terkait dengan kesenangan, ketika seseorang merasa ketakutan. Berapa banyak dopamin dan berapa banyak reseptor untuk menerimanya dapat memengaruhi, apakah Anda adalah orang yang senang ketakutan atau lebih suka menghindari film atau wahana yang menakutkan.

Jadi bagi sebagian orang, membiarkan imajinasinya menjadi sangat liar untuk mengetahui tentang hantu , meskipun menakutkan dapat juga menghasilkan bonus euforia yang tinggi. Salah satunya, percaya pada hantu juga memungkinkan kita untuk percaya pada kehidupan di alam berbeda.

Termasuk Anda yang membaca artikel ini sampai habis, meskipun ada terselip sedikit perasaan takut, namun Anda menikmati sensasi ketegangannya. Tapi jangan lupa, setelah baca artikel ini lihat di samping atau belakang Anda, jangan-jangan ada yang mengawasi.
(wib)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3359 seconds (0.1#10.140)