10 Penemuan Arkeologi Paling Spektakuler Sepanjang 2021

Selasa, 28 Desember 2021 - 09:01 WIB
loading...
A A A
Selama penyaliban tangannya akan diikat ke salib; posisi ini menempatkan dia di kemungkinan menyebabkan dia mati lemas.

Para arkeolog menemukan bahwa tulang kakinya tipis, yang berarti bahwa ia kemungkinan telah dibelenggu ke dinding untuk waktu yang lama sebelum penyalibannya.

Tanggal penguburan ke abad ketiga atau keempat dan pria itu mungkin adalah seorang budak. Sangat sedikit contoh penyaliban yang ditemukan dari Kekaisaran Romawi dalam penggalian arkeologis.

3. Peta Tertua di Eropa

Serangkaian ukiran pada lempengan batu berusia 4.000 tahun di Prancis sebenarnya adalah peta tertua di Eropa, demikian temuan para peneliti. Lempengan itu memiliki serangkaian garis yang mewakili Sungai Odet dan lembah sekitarnya di Prancis barat — area seluas sekitar 18,6 mil kali 13 mil (30 kilometer kali 21 km), kata para peneliti.

Lempengan batu itu sebenarnya ditemukan pada tahun 1900. Sebuah studi baru-baru ini tentang ukiran, yang menggunakan fotogrametri untuk membuat gambar 3D yang sangat rinci dari lempengan itu, mengungkapkan bahwa ukiran itu membentuk peta. Ini mungkin telah digunakan oleh seorang pangeran atau raja untuk menggambarkan wilayah yang mereka kuasai.



4. Kuburan Kuno Sepasang Suami-istri

Sekitar 1.500 tahun yang lalu, sepasang suami istri dikuburkan bersama dalam pelukan penuh kasih. Ketika para arkeolog menemukan jasad mereka, pelukan mereka masih utuh meski waktu berlalu.

"Ini adalah [pasangan] pertama yang ditemukan dalam pelukan cinta, seperti itu, di mana saja kapan saja di China," pemimpin peneliti studi Qian Wang, seorang profesor di Departemen Ilmu Biomedis di Texas A&M College of Dentistry, mengatakan kepada Live Science di email.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2423 seconds (0.1#10.140)