10 Penemuan Arkeologi Paling Spektakuler Sepanjang 2021

Selasa, 28 Desember 2021 - 09:01 WIB
loading...
A A A
Prasasti-prasasti kuno di Mesopotamia menyebutkan bagaimana mayat-mayat korban perang ditumpuk menjadi sebuah struktur yang sangat terorganisir.



Orang-orang yang tinggal di daerah itu di zaman modern menyebut gundukan itu sebagai "monumen putih" karena gipsum monumen menyebabkannya berkilau di bawah sinar matahari, tulis para arkeolog.

Penemuan itu menunjukkan "bahwa orang-orang kuno menghormati mereka yang tewas dalam pertempuran, sama seperti kita," Anne Porter, seorang profesor Peradaban Timur Dekat dan Timur Tengah kuno di Universitas Toronto.

7. Manusia Naga

Ilmuwan di China melaporkan penemuan spesies manusia baru yang mereka sebut Homo longi yang berarti "Manusia Naga". Ini diketahui dari tengkorak yang ditemukan pada tahun 1933 tetapi disembunyikan di dalam sumur selama pendudukan Jepang di Cina di mana ia tetap selama 85 tahun sampai ditemukan kembali dan dipelajari.

Tengkorak itu adalah tengkorak Homo besar yang diketahui ada dan penelitian menunjukkan bahwa Manusia Naga mungkin adalah spesies yang paling dekat dengan Homo sapiens.

Tidak jelas kapan tepatnya Manusia Naga pertama kali muncul dan kapan punah, tetapi tengkorak itu sendiri berasal dari sekitar 309.000 dan 138.000 tahun yang lalu, para ilmuwan menemukan.

Beberapa ilmuwan mempertanyakan apakah Manusia Naga sebenarnya adalah spesies manusia baru dan berspekulasi bahwa tengkorak itu mungkin milik Denisovan, hominid yang memiliki sedikit fosil yang diketahui.

8. Gambar Hantu Tertua
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5141 seconds (0.1#10.140)