10 Penemuan Arkeologi Paling Spektakuler Sepanjang 2021

Selasa, 28 Desember 2021 - 09:01 WIB
loading...
A A A
Hampir tidak terlihat dengan mata telanjang, seorang kurator museum mengidentifikasi ukiran pada tablet Babilonia berusia 3.500 tahun sebagai penggambaran hantu tertua yang diketahui. Hantu laki-laki, memiliki janggut dan tampak pemarah saat dia dibawa, dengan tali, ke dunia bawah oleh seorang wanita.

Tablet itu memiliki mantra di atasnya yang dimaksudkan untuk mengusir hantu. Mantra itu memindahkan hantu menjadi patung dan memanggil dewa matahari Shamash untuk membantu hantu itu melewati alam baka.

Baris terakhir dari ritual memperingatkan "jangan melihat ke belakang." Tablet itu ada di British Museum, yang diperoleh pada abad ke-19, tetapi hantu itu tidak terlihat sampai saat ini.

9. Pemakaman Hewan Peliharaan Tertua di Dunia

Sebuah pemakaman hewan peliharaan berusia 2.000 tahun yang mungkin merupakan contoh tertua yang diketahui di dunia ditemukan di Berenice, sebuah pelabuhan di pantai Laut Merah Mesir.

Hewan-hewan yang dikuburkan di pemakaman ini tampaknya telah mati secara alami dan diperlakukan dengan penuh kasih. Di situs lain di Mesir yang memiliki penguburan hewan, hewan sering dikorbankan.



Di pemakaman hewan peliharaan, para arkeolog menemukan berbagai hewan termasuk seekor anjing besar yang dibungkus tikar dari daun palem. Mereka juga termasuk anjing dan kucing ompong yang sangat tua ketika mereka mati dan mungkin membutuhkan bantuan dari pemiliknya untuk makan.

"Penemuan kami menunjukkan bahwa kita manusia memiliki kebutuhan yang mendalam untuk persahabatan dengan hewan," kata pemimpin peneliti Marta Osypińska, seorang ahli arkeolog di Akademi Ilmu Pengetahuan Polandia di Warsawa.

10. Geoglyph Besar di India
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1529 seconds (0.1#10.140)