Si Pembunuh Kenikmatan, Ini Penyebab Kematian Setelah Berhubungan Seksual

Senin, 21 Februari 2022 - 08:42 WIB
loading...
Si Pembunuh Kenikmatan, Ini Penyebab Kematian Setelah Berhubungan Seksual
Secara keseluruhan kasus kematian selama atau satu jam setelah berhubungan seksual sangat rendah atau sekitar 0,6% dari semua kasus kematian mendadak. Foto/Jpost
A A A
DALAM beberapa kasus, orang yang pernah mengalami serangan jantung khawatir untuk kembali melakukan hubungan seksual . Mereka takut aktivitas seksual akan menekan jantung dan menimbulkan efek yang membahayakan.

Penelitian baru menunjukkan bahwa ketakutan itu bisa diterima dan wajar, meskipun bukan satu-satunya penyebab yang berisiko. Para penelitian dari St. George's University of London yang diterbitkan dalam JAMA Cardiology yang dikutip SINDOnews dari laman Jpos, Senin (21/2/2022) mengungkap, detail penyebab kematian saat atau setelah berhubungan seksual.

Dari penelitian kematian akibat serangan jantung mendadak yang dirujuk ke Pusat Patologi Jantung St. George antara Januari 1994 dan Agustus 2020, diketahui ada 6.847 kasus. Dari jumlah tersebut, sebanyak 17 kasus atau 0,2%, kasus kematian terjadi selama atau satu jam setelah aktivitas seksual.



Dalam kasus ini diketahui, usia rata-rata adalah 38 tahun. Ini berbeda dengan pandangan awal yang mengira risiko kematian jantung mendadak lebih tinggi seiring bertambahnya usia. Bahkan, 35% kasus terjadi pada wanita, angka yang lebih tinggi dari penelitian sebelumnya.

Kematian ini biasanya tidak disebabkan oleh serangan jantung, seperti yang terlihat pada pria yang lebih tua. Dalam setengah kasus atau sekitar 53%, jantung ditemukan secara struktural normal. Diteliti lebih jauh ternyata penyebab kematian akibat aritmia mendadak.

Aritmia adalah kondisi detak jantung yang tidak normal, seperti tidak beraturan, terlalu cepat, atau terlalu lambat. Aritmia jantung terjadi saat impuls listrik di jantung tidak bekerja dengan baik. Gejalanya, nyaris tidak dirasakan, karena dapat berupa dada berdebar, nyeri dada, pingsan, atau pusing.

Penyebab terbesar kedua, adalah diseksi aorta sebanyak 12%. Ini adalah kondisi yang mengancam jiwa di mana ada ruptur di lapisan terdalam dinding aorta. Diseksi aorta (pemisahan lapisan dinding aorta) adalah darurat medis ketika lapisan bagian dalam pembuluh darah besar yang bercabang jantung (aorta) memiliki sobekan.

Kondisi ini paling umum terjadi pada pria berusia 60-an dan 70-an. Gejalanya, termasuk rasa nyeri mendadak di dada atau punggung atas yang menjalar ke leher atau turun ke pinggang, hilangnya kesadaran, dan sesak napas.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1719 seconds (0.1#10.140)