Ancaman Perang Nuklir, Ini yang Terjadi Jika Putin Tekan Tombol Merah

Selasa, 08 Maret 2022 - 12:22 WIB
loading...
A A A
Kemudian, ledakan langsung dari nuklir akan menghancurkan segalanya dalam jarak satu kilometer ke segala arah. Seberapa jauh efek ledakan bom nuklir berjalan tergantung pada ukuran bom dan hasil ledakannya.

Saat ini, hasil ledakan bom nuklir paling kuat telah tercatat 1.200 kiloton, yang berarti penyebaran dan dampaknya akan parah. Sementara ledakan langsung akan menghancurkan segalanya dalam jarak satu kilometer ke segala arah.



Mereka yang berada hingga delapan kilometer dari pusat ledakan nuklir dapat mengalami luka bakar tingkat tiga. Sedangkan mereka yang berada hingga 11 kilometer jauhnya dapat mengalami luka bakar tingkat dua dan satu.

Siapa pun yang berjarak hingga 85 kilometer dapat mengalami kebutaan sementara atau luka bakar parah pada retina jika melihat langsung ledakan tersebut.

Selain panas dari ledakan, hal lain yang harus dihadapi adalah tingginya tingkat radiasi akibat dampak nuklir , yang dapat merusak sel-sel tubuh dan menyebabkan penyakit parah dan jangka panjang serta kematian.

Partikel radioaktif dari senjata nuklir dapat melakukan perjalanan sangat jauh dan bertahan untuk waktu yang sangat lama. Sebuah penelitian baru-baru ini bahkan menemukan sisa-sisa karbon radioaktif dari uji coba bom nuklir Perang Dingin di titik terdalam lautan dunia.
(ysw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2379 seconds (0.1#10.140)