2 Astronot Jalani Misi Spacewalking Selama 6 Jam 54 Menit, Perbaiki Radiator dan Kamera ISS

Kamis, 24 Maret 2022 - 05:59 WIB
loading...
2 Astronot Jalani Misi Spacewalking Selama 6 Jam 54 Menit, Perbaiki Radiator dan Kamera ISS
Dua astronot sukses menjalani misi spacewalking di luar Stasiun Ruang Angkasa Internasional (ISS) selama 6 jam 54 menit pada Rabu 23 Maret 2022. Mereka melakukan serangkaian tugas untuk memulihkan dan memperluas peralatan yang dipasang di bagian luar ISS.
A A A
HOUSTON - Dua astronot sukses menjalani misi spacewalking di luar Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) selama 6 jam 54 menit pada Rabu 23 Maret 2022. Mereka melakukan serangkaian tugas untuk memulihkan dan memperluas peralatan yang dipasang di bagian luar ISS.

Astronot NASA Raja Chari dan Matthias Maurer bersama European Space Agency (ESA) melakukan aktivitas ekstravehicular (EVA, atau spacewalk) dimulai pukul 12.32 GMT. Kedua awak Ekspedisi 66 mengganti pakaian antariksa mereka ke daya baterai internal.

Mereka bertugas memulihkan radiator dan mengganti kamera stasiun luar angkasa yang mengalami kerusakan. Stasiun luar angkasa memiliki enam radiator, tiga di setiap sisi rangka tulang punggungnya, yang digunakan untuk menarik panas dan menjaga modul pada suhu yang layak huni.



Sepasang selang fleksibel yang menghubungkan salah satu radiator pendingin amonia sisi port ke modul katup bocor. Dua astronot yang melakukan misi spacewalk pada 2017 melepaskan selang dan menghapusnya dari penggunaan.

Selang bocor dikembalikan ke Bumi pada tahun berikutnya, diperbaiki dan diluncurkan kembali pada 2019. Pada hari Rabu, Chari memasang kembali selang fleksibel, memulihkan penggunaan radiator terkait dan menyelesaikan tugas utama yang direncanakan untuk perjalanan luar angkasa ini.

"Kami senang Raja memiliki kesempatan untuk menerbangkan langit Kayla dan Tom yang mulus dan bersahabat," radio astronot Stephanie Wilson, yang menjabat sebagai koordinator spacewalk dari Mission Control di Houston dikutip SINDOnews dari laman Space.com, Kamis (24/3/2022).

"Tentu saja. Jauh lebih baik daripada kelas bisnis," jawab Chari.



Sementara itu, Maurer selesai memperbaiki kabel daya dan data untuk kamera baru sebelum pindah untuk memasang jumper pada modul Columbus. Dia juga melepaskan beberapa klem pada platform sains Bartolomeo, yang terakhir merupakan dudukan eksterior untuk eksperimen sains yang diluncurkan dan dilampirkan ke laboratorium Eropa pada tahun 2020.

Mission Control selanjutnya mengarahkan agar kedua spacewalker bertemu di segmen rangka Port 3 (P3) untuk bekerja melepas dan mengganti kamera video lama dengan unit definisi tinggi dan port komunikasi nirkabel. Kemudian, Chari menghubungkan kabel yang sebelumnya dirutekan oleh Maurer ke bagian belakang kamera baru, menjadikannya online.
2 Astronot Jalani Misi Spacewalking Selama 6 Jam 54 Menit, Perbaiki Radiator dan Kamera ISS


Tes "ping" menunjukkan instalasi berhasil. Dengan kamera tua dan peralatan lain di belakangnya, Chair dan Maurer kembali ke airlock. Perjalanan luar angkasa berakhir pada pukul 19.26 GMT ketika tekanan ulang Quest dimulai.

Spacewalk ini adalah yang ketiga tahun ini dan yang ke-248 dalam mendukung perakitan, pemeliharaan, dan peningkatan Stasiun Luar Angkasa Internasional sejak tahun 1998. Ini adalah perjalanan luar angkasa pertama Maurer dan yang kedua Chari.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2660 seconds (0.1#10.140)