Ini Deretan Hewan Kanibal yang Jarang Diketahui, Nomor 5 Tak Disangka

Selasa, 05 April 2022 - 21:00 WIB
loading...
Ini Deretan Hewan Kanibal yang Jarang Diketahui, Nomor 5 Tak Disangka
Siapa sangka, kuda nil yang dikenal sebagai hewan herbivora ternyata juga bisa menjadi hewan kanibal. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Istilah hewan kanibal mungkin akan terdengar asing oleh sebagian orang. Namun jangan salah, habitat atau alam liar sangat berbahaya karena selalu ada predator yang mengintai mangsanya setiap saat.

Selain predator yang berburu mangsa untuk dijadikan makanan, terdapat beberapa hewan kanibal yang justru memangsa spesiesnya sendiri.

Banyak faktor yang mengakibatkan hewan-hewan tersebut menjadi kanibal dan memakan spesiesnya sendiri, seperti mencari keturunan yang terkuat hingga karena kekurangan sumber daya makanan.

Lantas, hewan kanibal apa sajakah yang suka memakan spesiesnya sendiri? Dilansir dari situs Science Focus, berikut beberapa hewan kanibal yang memangsa spesiesnya sendiri:

1. Udang Gammarus Duebeni

Gammarus Duebeni atau sejenis udang air tawar menjadi nama pertama dari hewan kanibal yang memakan spesiesnya sendiri. Jenis udang ini sebenarnya tidak jarang memakan beberapa anak mereka sendiri.



Karena pada saat udang air tawar terinfeksi parasit Pleistophora Mulleri, mereka akan membutuhkan banyak makanan untuk bertahan hidup.

Apabila Gammarus Duebeni tidak bisa menangkap mangsanya, mereka akan beralih memangsa sejenisnya . Jika terpaksa memangsa udang sejenis, Gammarus Duebeni akan memilih udang remaja karena lebih mudah ditangkap dan dimangsa.

2. Hiu Harimau Pasir
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2608 seconds (0.1#10.140)