Reruntuhan Kota Tua Muncul dari Dasar Sungai Tigris, Ditemukan Struktur Istana dan Artefak Berharga

Senin, 30 Mei 2022 - 22:31 WIB
loading...
Reruntuhan Kota Tua Muncul dari Dasar Sungai Tigris, Ditemukan Struktur Istana dan Artefak Berharga
Reruntuhan bangunan kota tua berusia 3.400 tahun tiba-tiba muncul dari dasar sungai Tigris di Mosul, Irak. Foto/Phys/University of Tubigen
A A A
BAGHDAD - Reruntuhan bangunan kota tua berusia 3.400 tahun tiba-tiba muncul dari dasar sungai Tigris di Mosul, Irak . Tim arkeolog Jerman dan Kurdi menemukan bangunan istana Kekaisaran Mittani dan sejumlah artefak berharga.

Permukiman kota kuno ini muncul dari dasar sungai Tigris setelah permukaan airnya menyusut akibat kekeringan esktrem di Irak dan membuat waduk Mosul kering. Kota yang luas dengan istana dan beberapa bangunan besar bisa jadi dikenal dengan Zakhiku kuno, sebagai pusat penting di Kekaisaran Mittani (1550-1350 SM).

Munculnya kembali kota Zaman Perunggu yang telah tenggelam beberapa dekade mengundang para peneliti dan arkeologi langsung melakukan survei. Penemuan kota kuno ini terletak di Kemune di Wilayah Kurdistan Irak.

Baca juga; Sungai Efrat dan Tigris Mengering Akibat Perubahan Iklim dan Ketegangan Politik

Peristiwa tak terduga ini membuat para arkeolog untuk segera mendokumentasikan dan meneliti berbagai artefak yang ditemukan. Sebab, jika permukaan air sungai naik kembali akan membuat proses penelitian menjadi lebih sulit.

Arkeolog Kurdi Dr Hasan Ahmed Qasim, ketua Organisasi Arkeologi Kurdistan, dan arkeolog Jerman Jun.-Prof Dr Ivana Puljiz (University of Freiburg) dan Prof Dr Peter Pfalzner (University of Tübingen) secara spontan memutuskan melakukan penggalian penyelamatan bersama di Kemune. Ini terjadi pada bulan Januari dan Februari 2022 bekerja sama dengan Direktorat Purbakala dan Warisan di Duhok (Wilayah Kurdistan Irak).

Sebuah tim untuk penggalian penyelamatan dibentuk dalam beberapa hari. Pendanaan untuk pekerjaan itu diperoleh dalam waktu singkat dari Fritz Thyssen Foundation melalui Universitas Freiburg. Tim arkeologi Jerman-Kurdi berpacu dengan waktu sebelumpermukaan air naik memenuhi kembali sungai Tigris.

Baca juga; Mukzijat Musa di Sungai Tigris untuk Pasukan Muslim, Kaisar Persia Lari Terbirit-birit

Dalam waktu singkat, para peneliti berhasil memetakan sebagian besar kota. Selain sebuah istana, yang telah didokumentasikan, beberapa bangunan besar lainnya ditemukan berupa benteng besar dengan tembok dan menara.

Ada juga, bangunan penyimpanan bertingkat yang monumental dan kompleks industri. Kompleks perkotaan yang luas berasal dari zaman Kekaisaran Mittani, yang menguasai sebagian besar Mesopotamia utara dan Suriah.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1110 seconds (10.101#12.26)