Fotosintesis Artifisial, Bikin Tumbuhan dapat Berkembang dan Berbuah Tanpa Sinar Matahari

Selasa, 28 Juni 2022 - 23:06 WIB
loading...
A A A
Dengan membebaskan pertanian dari ketergantungan penuh pada matahari, fotosintesis buatan membuka pintu bagi kemungkinan tak terhitung untuk menanam tumbuhan penghasil makanan. Apalagi di bawah kondisi yang semakin sulit akibat perubahan iklim antropogenik, kekeringan, banjir, dan berkurangnya ketersediaan lahan.
Fotosintesis Artifisial, Bikin Tumbuhan dapat Berkembang dan Berbuah Tanpa Sinar Matahari


Dengan cara fotosintesis buatan, tanaman juga bisa ditanam di kota dan daerah lain yang saat ini tidak cocok untuk pertanian. Bahkan, mampu menyediakan makanan untuk penjelajah ruang angkasa di masa depan.

“Dengan meningkatkan efisiensi produksi makanan, lebih sedikit lahan yang dibutuhkan, mengurangi dampak pertanian terhadap lingkungan. Dan untuk pertanian di lingkungan non-tradisional, seperti luar angkasa, peningkatan efisiensi energi dapat membantu memberi makan lebih banyak anggota kru dengan input yang lebih sedikit,” tutur Jinkerson.

Pendekatan produksi makanan ini diajukan ke NASA's Deep Space Food Challenge dan sudah menjadi pemenang Tahap I. Deep Space Food Challenge adalah kompetisi internasional di mana hadiah diberikan kepada tim untuk menciptakan teknologi makanan baru dan mengubah permainan yang membutuhkan input minimal dan memaksimalkan output makanan yang aman, bergizi, dan enak untuk misi luar angkasa berdurasi panjang.
(wib)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1927 seconds (0.1#10.140)