3 Tempat di Pulau Jawa yang Pernah Turun Salju, Nomor 2 Biasa Disebut Embun Upas

Minggu, 31 Juli 2022 - 23:15 WIB
loading...
3 Tempat di Pulau Jawa yang Pernah Turun Salju, Nomor 2 Biasa Disebut Embun Upas
Tidak ada salju di Pulau Jawa, namun ada fenomena alam lain yang unik sekilas mirip, yaitu hujan es atau kristal es dan fenomena embun beku. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Tidak ada salju di Pulau Jawa , namun ada fenomena alam lain yang unik sekilas mirip, yaitu hujan es atau kristal es dan fenomena embun beku. Pulau Jawa tidak ada salju karena terletak di daerah tropis yang bersuhu rata-rata 28 derajat celcius.

Padahal syarat utama agar salju turun adalah suhu yang rendah dan kelembapan di atmosfer. Suhu di atmosfer yang dibutuhkan untuk membentuk salju harus berada di bawah titik beku 0 derajat Celcius.

Berikut fenomena alam unik mirip dengan salju yang pernah terjadi di 3 wilayah pulau Jawa. Salah satunya fenomena embun upas atau embun beku yang diungkap Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) hanya akan berlangsung selama satu dasarian.

1. Fenomena Es atau Frost di Kawasan Bromo Tengger Semeru
3 Tempat di Pulau Jawa yang Pernah Turun Salju, Nomor 2 Biasa Disebut Embun Upas


BPBD Kabupaten Lumajang menuturkan bahwa fenomena es atau frost yang muncul di kawasan Bromo Tengger Semeru merupakan hal biasa terjadi setiap tahun. Seperti yang terjadi pada 2 Agustus 2022, munculnya fenomena frost ini terjadi di kawasan Ranupani, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Fenomena frost merupakan hal yang biasa dan terjadi setiap tahunnya saat puncak musim kemarau. Biasanya es bakal mencair ketika waktu menunjukkan pukul 09.00 - 10.00 WIB, saat matahari muncul.

“Fenomena frost itu tiap tahun seperti itu. Kalau cuaca ekstrem dan suhu 0 atau bahkan minus atau 0 sampai 5 derajat, itu pasti muncul embun es,” kata Wawan Hadi, Kabid Penanggulangan Bencana BPBD Kabupaten Lumajang kepada MNC Portal Indonesia.



2. Fenomena Embun Upas di Dieng
3 Tempat di Pulau Jawa yang Pernah Turun Salju, Nomor 2 Biasa Disebut Embun Upas


Kawasan Dieng di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tegah, diselimuti fenomena embun upas atau embun beku pada Kamis 30 Juni 2022. Embun es muncul di area wisata Kompleks Candi Arjuna, Dieng, akibat cuaca ekstrem hingga mencapai minus 1 derajat celcius.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1645 seconds (0.1#10.140)