3 Tempat di Pulau Jawa yang Pernah Turun Salju, Nomor 2 Biasa Disebut Embun Upas

Minggu, 31 Juli 2022 - 23:15 WIB
loading...
A A A
Embun beku menutupi rerumputan, daun-daun, dan sejumlah failitas umum obyek wisata Dieng dengan ketebalan mencapai setengah centimemer. Embun beku muncul mulai pukul 03.00 dini hari hingga pukul 06.00 WIB.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan fenomena embun beku atau embun upas akan berlangsung selama satu dasarian. “Terkait fenomena embun es, akibat ada dua pusat tekanan rendah (LPA) di belahan bumi utara (BBU),” kata Kepala BMKG Stasiun Geofisika Banjarnegara Setyoajie Prayoedie dilansir dari ANTARA.



3. Embun Beku di Kawasan Kaligua Brebes
3 Tempat di Pulau Jawa yang Pernah Turun Salju, Nomor 2 Biasa Disebut Embun Upas


Fenomena alam yang tidak biasa, berupa embun beku, pernah terjadi Objek Wisata Kaligua, Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes, JawaTengah, pada awal Juli 2018. Wilayah Kaligua berada di ketinggian 2.050 meter di atas permukaan laut, terletak di lereng barat Gunung Slamet, gunung tertinggi kedua di pulau Jawa.

Masyarakat Kaligua menyebut fenomena ini dengan Frooz atau tepung es karena bentuknya mirip tepung putih. Fenomena ini muncul akibat suhu yang esktrem, biasanya paginya terasa sangat dingin dan siang terasa sangat panas. Pada penurunan suhu yang sangat drastis bahkan bisa menyebabkan titik embun di dedaunan membeku.

(wib)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1265 seconds (0.1#10.140)