4 Barang Peninggalan Nabi yang Berada di Istana Topkapi Turki

Sabtu, 13 Agustus 2022 - 14:27 WIB
loading...
4 Barang Peninggalan Nabi yang Berada di Istana Topkapi Turki
Istana Topkapi di Istanbul, Turki menyimpan beberapa peninggalan nabi yang sangat berharga. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada empat barang peninggalan para nabi yang berada di Istana Topkapi , Turki. Sekadar informasi, Topkapi Palace ini dulunya digunakan sebagai kediaman dan markas administrasi sultan-sultan Kekaisaran Ottoman selama abad ke-15.

Dikutip dari laman Istanbul, Istana Topkapi mulai dibangun pada tahun 1460, setelah penaklukan Konstantinopel oleh Fatih Sultan Mehmed. Pembangunannya selesai pada tahun 1478.

Istana ini berlokasi di antara Golden Horn dan Bosphorus pada area seluas 700.000 meter persegi, Semenanjung Istanbul. Akan tetapi, keberadaan tempat tersebut tertutup dari kota dengan tujuan memberikan keamanan dan privasi penghuninya.

Pada perkembangannya, Istana Topkapi mulai digunakan sebagai museum pada 3 April 1924. Uniknya, museum tersebut menjadi yang pertama di Republik Turki. Saat dijadikan museum, istana ini menampung cukup banyak koleksi penting, termasuk beberapa barang yang diklaim sebagai peninggalan para nabi .



Dilansir dari laman Istanbul Tarihi, berikut 4 barang peninggalan para nabi yang berada di Istana Topkapi Turki.

1. Hirka-i Saadet (Mantel Nabi)

Pertama adalah pakaian berupa mantel milik Nabi Muhammad. Namanya dikenal dengan Hirka-i Saadet. Dalam riwayatnya barang tersebut diberikan oleh Nabi sendiri kepada Qa’b ibn Zubayr sebagai imbalan atas ode yang dia bacakan dihadapan Nabi saat penyair ini memeluk Islam.

Hirka-i Saadet berupa mantel wol berlengan lebar dengan panjang 124 cm. Pada sejarahnya, barang tersebut dipindahkan ke Bani Umayyah dan kemudian diteruskan kembali ke Abbasiyah.

Peninggalan yang digunakan sebagai tanda kekhalifahan Khalifah Mesir Abbasiyah ini lantas berpindah kembali ke Utsmaniyah setelah penaklukan Mesir. Pada perkembangannya, barang tersebut menjadi salah satu koleksi yang berada di Istana Topkapi Turki.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2025 seconds (0.1#10.140)