Daftar 7 Palung Terdalam di Dunia, Semuanya Berada di Samudra Pasifik

Rabu, 14 September 2022 - 14:51 WIB
loading...
Daftar 7 Palung Terdalam di Dunia, Semuanya Berada di Samudra Pasifik
Sedikitnya ada tujuh palung terdalam di dunia yang didominasi di wilayah perairan Pasifik. Foto DOK Ist
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada tujuh palung terdalam di dunia yang didominasi di wilayah perairan Pasifik . Kedalaman palung memiliki keragaman masing-masing, dan yang terdalam masih dipegang oleh palung mariana.

Dilansir dari laman Scientific American, palung sendiri merupakan cekungan yang berada di dasar laut dan memiliki rata-rata kedalaman lebih dari 5 km. Biasanya cekungan ini juga disebut sebagai relief laut.

Baca juga : Keren, Palung Sunda Jadi Palung Terdalam di Samudra Hindia

Berikut tujuh palung terdalam di dunia seperti dilansir dari laman marineinsight.com :

1. Palung Jepang

Seperti namanya, palung terdalam di dunia yang pertama ini berada di dekat kepulauan Jepang. Kedalamannya mencapai 9 km yang membentang dari kepulauan Kuril hingga Kepulauan Bonin.

Palung ini termasuk ke dalam bagian Cincin Api Pasifik yang terletak di samudra Pasifik bagian utara. Terbentuknya palung ini dikarenakan subduksi samudera Pasifik di bawah Lempeng Okhotsk kontinental.

2. Palung Izu-Ogasawara

Masih dari wilayah Jepang, kini adalah palung Izu Ogasawara atau juga biasa dikenal palung Izu Boni yang memiliki kedalaman sekitar 9,78 km.

Palung ini juga merupakan perpanjangan dari Palung Jepang. Selain Palung Izu-Ogasawara, di bagian barat Samudera Pasifik terdapat Palung Izu dan Palung Bonin.

3. Palung Kermadec

Palung ini terletak di Samudra Pasifik bagian selatan atau di daerah timur Australia. Palung Kermadec membentang sekitar 1.000 km antara Louisville Seamount Chain dan Dataran Tinggi Hikurangi.

Terbentuk oleh subduksi Lempeng Pasifik di bawah Lempeng Indo-Australia, Palung ini memiliki kedalaman maksimum sekitar 104 km.

4. Palung Kuril Kamchatka

Palung terdalam di dunia berikutnya masih berada di Samudra Pasifik dengan kedalaman 10,5 km di bawah permukaan laut.

Terletak di sebelah timur Rusia dan Utara Jepang tepatnya di dekat Pulau Kuril dan di lepas pantai Kamchatka dimana terdapat banyak gunung berapi aktif di wilayah tersebut.

5. Palung Filipina

Palung Filipina memiliki kedalaman di kisaran 10,54 km. Cekungan ini juga biasa dikenal dengan nama Palung Mindanau yang membentang di sepanjang Laut Filipina.

Tepatnya berada di bagian timur Filipina dengan panjang 1.320 km dan lebar 30 km. Palung ini tercipta berkat tumbukan antar lempeng Eurasia dengan lempeng Filipina yang lebih kecil.

Pada tahun 1970 palung ini sempat dianggap sebagai titik terdalam di Bumi oleh para ilmuwan. Sebelum akhirnya rekor tersebut harus kalah oleh dua palung yang akan disebutkan ini.

Baca juga : Kapal Selam China Berhasil Capai Titik Terdalam Palung Mariana

6. Palung Tonga

Palung Tonga sebenarnya merupakan terusan dari Palung Kermadec, yang terletak di bagian barat daya Samudra Pasifik. Kedalamannya dapat mencapai 10,88 km di bawah permukaan laut.

Titik terdalamnya biasa disebut dengan Horizon Deep yang dianggap sebagai titik terdalam kedua di Bumi. Palung ini terbentang di sebelah utara Kepulauan Selandia Baru dan di timur laut Kepulauan Tonga.

Panjang dari palung ini mencapai 2.500 km dan para peneliti menyebutkan bahwa di bagian terdalam palung ini terdapat banyak spesies cacing gelang.

7. Palung Mariana

Nama ini mungkin sudah tidak asing sebagai palung terdalam di dunia yang kedalamannya mencapai 10,9 km. Kedalaman ini sempat diuji oleh peneliti dari Woods Hole Oceanographic Institution yang menenggelamkan kendaraan tak berawak.

Bentuk dari palung ini seperti bulan sabit yang memiliki panjang 2.550 km dengan rata rata lebar 69 km. Titik terdalam palung ini biasa dikenal dengan Challenger Deep.

Palung ini terbentuk karena tumbukan lempeng-lempeng konvergen litosfer samudera. Selama proses tersebut lempeng turun ke dalam bagian mantel bumi dimana nantinya akan terbentuk palung pada garis kontak antar lempeng.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4692 seconds (0.1#10.140)