4 Jenis Buaya yang Dilindungi di Indonesia, Nomor 2 Lebih Besar dari Aligator

Sabtu, 01 Oktober 2022 - 15:43 WIB
loading...
A A A


3. Buaya Siam
4 Jenis Buaya yang Dilindungi di Indonesia, Nomor 2 Lebih Besar dari Aligator


Buaya siam atau Crocodylus siamensis semakin langka dan terancam punah. Buaya siam merupakan salah satu dari 7 jenis buaya asli Indonesia yang masuk dalam spesies Critically Endangered (kritis) berdasarkan IUCN Red List.

Buaya ini dinamai buaya siam lantaran spesimen yang dideskripsikan berasal dari Siam (sekarang Thailand). Dikutip dari laman alamendahblog, di Indonesia buaya siam ini dikenal juga sebagai buaya kodok dan buaya air tawar.



Buaya siam berukuran sedang dengan panjang tubuh dapat mencapai 4 meter, meskipun pada umumnya berukuran sekitar 2-3 meter. Di antara kedua matanya terdapat gigir yang memanjang, keping tabular di kepala menaik dan menonjol di bagian belakangnya serta mempunyai 2-4 sisik besar di belakang kepala.

4. Buaya Sinyulong
4 Jenis Buaya yang Dilindungi di Indonesia, Nomor 2 Lebih Besar dari Aligator


Buaya Senyulong (Tomistoma schlegelii), sering disebut dengan “Buaya Sepit” karena sebenarnya bukanlah termasuk buaya sejati. Reptil satu ini berasal dari subfamili Tomistominae, dalam Bahasa Yunani Tomistoma berarti bermulut runcing.

Habitat asli mereka tersebar di daerah Malaysia dan Indonesia, seperti pedalaman Sulawesi, Sumatra maupun Kalimantan. Dikutip dari laman balisafarimarinepark, reptil ini termasuk satwa pemalu yang jarang terlihat oleh manusia. Mereka dapat ditemui di air yang cenderung tenang dan bergerak lambat, seperti rawa, danau dan sungai dengan air tenang.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3348 seconds (0.1#10.140)