Rusia Bikin Sistem Pertahanan Pantai, Gunakan Rudal Hipersonik Tsirkon

Selasa, 08 November 2022 - 12:31 WIB
loading...
Rusia Bikin Sistem Pertahanan Pantai, Gunakan Rudal Hipersonik Tsirkon
Rusia memproduksi sistem rudal pertahanan pantai yang baru menggunakan 4 gandar peluncur yang mampu menembakan rudal hipersonik Tsirkon. Foto/Wikipedia/BulgarianMilitary
A A A
MOSKOW - Rusia memproduksi sistem rudal pertahanan pantai yang baru menggunakan 4 gandar peluncur yang mampu menembakan rudal hipersonik Tsirkon . Baterai pertama sistem pertahamam penjaga pantai ini akan dikerahkan di Krimea.

Kantor berita Rusia TASS melaporkan bahwa prototipe sistem rudal pertahanan pantai telah dikembangkan. Sistem rudal pantai Tsirkon memiliki peluncur empat gandar dan akan membawa dua rudal hipersonik.

Ide sistem rudal hipersonik berbasis pantai bukanlah hal baru. Pada akhir 2019, Moskow mengumumkan niatnya untuk mengembangkan sistem senjata semacam itu. Kemudian, hal ini diumumkan oleh Presiden Rusia Vladimir Putin pada Malam Natal.

“Kami sedang mengerjakan rencana pada rudal hipersonik Tsirkon, berbasis darat dan laut,” kata Putin dalam pidatonya, dikutip oleh Interfax. Namun, rencana Federasi Rusia berubah lagi.



Ada informasi bahwa Moskow berencana untuk mengintegrasikan pertahanan rudal pantai Tsirkon pada akhir tahun ini. Namun, sekarang, kemungkinan besar pada akhir tahun ini, dan juga tahun depan, Rusia akan melakukan uji coba sistem rudal pantai.

Mungkin setidaknya setengah tahun sebelum sistem rudal pantai Tsirkon pertama mengambil tugas tempur. Baterai pertama penjaga pantai ini diharapkan akan dikerahkan di Krimea.

Mengingat Rusia sedang berperang dengan Ukraina setelah pasukan Rusia menyerbu wilayah Ukraina pada 24 Februari lalu. Dikutip dari laman Bulgarian Military, Selasa (8/11/2022), saat ini benteng utama dari Coast Guard Rusia adalah sistem Bastion.

Bastion dirancang untuk melawan kapal permukaan, termasuk kapal induk, konvoi, dan kapal serbu amfibi. Sumber TASS mengklaim bahwa Tsirkon, dalam versi Penjaga Pantai, akan dirancang untuk target darat juga, selain target laut.


Rusia Bikin Sistem Pertahanan Pantai, Gunakan Rudal Hipersonik Tsirkon
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1760 seconds (0.1#10.140)