Rusia Bikin Sistem Pertahanan Pantai, Gunakan Rudal Hipersonik Tsirkon

Selasa, 08 November 2022 - 12:31 WIB
loading...
A A A
Versi angkatan laut dari rudal Tsirkon memasuki layanan dengan Angkatan Laut Rusia sekitar bulan September 2022. Penerima pertama rudal ini adalah fregat Admiral Gorshkov dari Armada Utara. Versi angkatan laut dari rudal tersebut sudah dalam produksi serial.

Selama dua tahun terakhir, Rusia telah melakukan beberapa uji coba rudal, melalui peluncuran dari kapal perang di berbagai lautan. Salah satu tes utama adalah pada akhir tahun lalu, pada Desember 2021, ketika rudal itu melakukan peluncuran salvo.

Rudal Hipersonik Tsirkon
Rudal Tsirkon versi angkatan laut memiliki jangkauan 1.000 km. Rudal ini dapat terbang pada ketinggian maksimum 28 km, dengan kecepatan maksimumnya mencapai Mach 9 atau 11.000 km/jam.

Hulu ledaknya memiliki berat antara 300-400 kg. Selain dipersenjatai dengan hulu ledak konvensional, rudal Tsirkon bisa juga membawa senjata ledakan tinggi [HE]. Bahkan, rudal Tsirkon dapat membawa hulu ledak nuklir 200 kt tnw.


Rusia Bikin Sistem Pertahanan Pantai, Gunakan Rudal Hipersonik Tsirkon


Untuk versi angkatan laut dalam pelayanan, rudal Tsirkon tidak hanya digunakan kapal perang, juga merupakan bagian dari persenjataan beberapa kapal selam baru Rusia. Oleh karena itu, Putin mengumumkan kepada dunia bahwa rudal Tsirkon merupakan salah satu dari enam “senjata super” Rusia.

Pakar Rusia mengatakan rudal Tsirkon dapat menenggelamkan kapal induk AS dan dapat menghindari sistem pertahanan udara AS yang paling canggih. Dengan kecepatannya yang luar biasa, tekanan udara di depan rudal dapat menciptakan awan plasma yang menangkap gelombang radio, membuatnya hampir tidak terlihat oleh sistem radar.
(wib)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2194 seconds (0.1#10.140)