7 Hewan yang Digunakan dalam Peperangan, Nomor Terakhir Bisa Deteksi Ranjau Laut

Senin, 28 November 2022 - 21:37 WIB
loading...
7 Hewan yang Digunakan dalam Peperangan, Nomor Terakhir Bisa Deteksi Ranjau Laut
Anjing dan kuda mungkin adalah hewan pertama yang digunakan dalam perang, dan banyak yang masih digunakan sampai sekarang dalam tugas militer dan polisi modern. Foto/Los Angeles Daily News/Live Science
A A A
JAKARTA - Sejak zaman prasejarah hingga era modern saat ini perang yang terjadi masih melibatkan beberapa jenis hewan. Anjing dan kuda mungkin adalah hewan pertama yang digunakan dalam perang, dan banyak yang masih digunakan sampai sekarang dalam tugas militer dan polisi modern.

Hewan dapat membantu manusia saat terjadi perang untuk melakukan beberapa hal mulai dari yang rumit sampai berat. Berikut 7 hewan yang digunakan selama perang dirangkum SINDOnews dari laman Live Science, Senin (28/11/2022).

1. Merpati
7 Hewan yang Digunakan dalam Peperangan, Nomor Terakhir Bisa Deteksi Ranjau Laut


Merpati telah digunakan untuk membawa pesan saat perang setidaknya sejak abad ke-6 SM. Raja Persia Cyrus dikabarkan menggunakan merpati untuk berkomunikasi prajurit yang posisinya jauh dari kerajaannya.

Baca juga; Inilah Merpati Termahal di Dunia, Terjual Rp26,7 Miliar

Beberapa burung merpati yang dibiakkan secara khusus mampu menemukan jalan menuju titik tujuan dan pulang dari jarak lebih dari 2.900 km. Selama Pengepungan Paris empat bulan oleh pasukan Prusia pada tahun 1870 dan 1871, warga Paris yang terjebak di dalam kota menggunakan merpati kurir untuk berkomunikasi dengan rekannya di luar.

Penggunaan merpati pos mencapai puncaknya pada Perang Dunia I, lebih dari 200.000 merpati pos digunakan oleh pasukan Sekutu saja. Salah satu merpati perang yang paling terkenal, bernama Cher Ami, mendapatkan gelar Prancis "Croix de Guerre" karena mengirimkan 12 pesan antar benteng di wilayah Verdun di Prancis utara.

2. Beruang
7 Hewan yang Digunakan dalam Peperangan, Nomor Terakhir Bisa Deteksi Ranjau Laut


Beruang muncul beberapa kali dalam sejarah peperangan, tetapi satu beruang secara khusus menjadi terkenal karena melawan Jerman selama Perang Dunia II. Voytek adalah anak beruang coklat Suriah yang diadopsi oleh pasukan dari perusahaan pemasok Polandia yang membelinya saat mereka ditempatkan di Iran.

Beruang itu tumbuh dengan minum susu kental dari botol vodka dan minum bir. Ketika pasukan Polandia dipindahkan saat perang berlangsung, Voytek juga pergi ke zona pertempuran di Irak, Palestina, Mesir, dan kemudian Italia.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3128 seconds (10.177#12.26)