Bak Spider-Man, Robot Marvel Ini Bisa Merayap Lincah di Gedung Tinggi

Rabu, 04 Januari 2023 - 10:01 WIB
loading...
Bak Spider-Man, Robot Marvel Ini Bisa Merayap Lincah di Gedung Tinggi
Dengan teknologi adhesi magnetik pada empat kakinya, robot Marvel mampu merayap gedung tinggi dengan kecepatan 0,5 sampai 0,7 meter per detik. Foto/Blazetrends
A A A
SEOUL - Robot Marvel ini mampu bergerak lincah merayap gedung tinggi seperti tokoh superhero Spider-Man . Dengan teknologi adhesi magnetik pada empat kakinya, robot ini mampu merayap Gedung tinggi dengan kecepatan 0,5 sampai 0,7 meter per detik.

Robot ini diberi nama unik Marvel diambil dari kepanjangan Magnetically Adhesive Robot for Versatile and Expeditious Locomotion. Secara harfiah diartikan sebagai robot perekat magnetis untuk penggerak serbaguna dan cepat.

Seperti Spider-Man, robot kecil berkaki empat Marvel mampu memanjat dinding besi dan langit-langit tanpa kesulitan. Kaki magnetisnya memungkinkan Marvel untuk menavigasi rintangan dan menjadi lebih gesit dan lebih cepat dibandingkan robot serupa.



Inovasi tersebut merupakan hasil kerja sama internasional antara peneliti dari Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST) dan University of Illinois (USA). Kemampuan robot Marvel ini telah dipublikasikan dalam jurnal robotic science.

KAIST mengatakan itu robot Marvel mampu memanjat dinding baja dan merangkak melintasi langit-langit logam dengan kecepatan tercepat yang pernah ada di dunia. Robot marvel dapat menghidupkan dan mematikan gaya magnet di kakinya, sehingga mampu menempel atau melepaskan sesuai kebutuhan.

“Robot Marvel dapat bergerak gesit, tidak hanya di medan datar, tetapi juga di dinding vertikal dan langit-langit yang terbuat dari bahan feromagnetik. Marvel memiliki kemampuan untuk melakukan manuver yang tepat seperti melintasi celah, mengatasi rintangan, dan melakukan transisi pesawat secara bergantian,” kata Seungwoo Hong, peneliti di KAIST dikutip SINDOnews dari laman Blazetrends, Rabu (4/1/2023).

Selama eksperimen, robot Marvel mendemonstrasikan perilaku kompleks, seperti memanjat celah selebar 10 cm, mengatasi rintangan setinggi 5 cm, serta transisi antara lantai, dinding, dan langit-langit. Robot Marvel dapat membawa beban hingga 3 kg dan memiliki kemampuan memanjat permukaan melengkung seperti tangki penyimpanan yang dilapisi cat, karat, dan debu.



Robot Marvel memiliki kaki adhesi magnetik, yang menggabungkan magnet elektropermanen (EPM) dan elastomer magnetorheologi (MRE) untuk menghasilkan gaya retensi tinggi. EPM adalah perangkat dua keadaan yang dapat mengubah sifat magnetiknya melalui arus listrik, tetapi tidak seperti elektromagnet sehingga tidak memerlukan listrik.
Bak Spider-Man, Robot Marvel Ini Bisa Merayap Lincah di Gedung Tinggi


Pada gilirannya, MRE adalah elastomer dengan komponen magnetik yang memungkinkan adhesi yang lebih besar pada logam pada kemiringan yang sama. Berkat sistem ini, robot memanjat tanpa kabel penghubung karena dan kakinya memanfaatkan magnet yang dapat dipertukarkan dengan permukaan logam.

Robot Marvel mampu melintasi dinding dan langit-langit feromagnetik dengan kecepatan masing-masing hingga 0,5 hingga 0,7 meter/detik. Kecepatan ini jauh melebihi robot pemanjat sebelumnya dalam hal tingkat pemanjatan dan kemampuan melakukan gerakan. Plus, tidak perlu string.

Robot Marvel bisa diaplikasikan pada berbagai operasi industri, seperti pemeriksaan tangki penyimpanan, jembatan atau pengelasan di galangan kapal. Lingkungan industri ini biasanya sulit diakses dan melibatkan tugas di ketinggian atau di ruang terbatas karena berupa rongga, tepian, sudut, dinding, dan langit-langit.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1981 seconds (0.1#10.140)