Kura-Kura Raksasa Pernah Hidup 1.000 Tahun Lalu di Madagaskar, Beratnya Sekitar 270 Kg

Kamis, 12 Januari 2023 - 20:32 WIB
Kura-kura raksasa dengan berat sekitar 600 pon atau 272 kg diperkirakan pernah hidup di Madagaskar. Foto/Live Science
ANTANANARIVO - Kura-kura raksasa dengan berat sekitar 600 pon atau 272 kg diperkirakan pernah hidup di Madagaskar. Jenis kura-kura raksasa yang sudah punah ini setara dengan mammoth dan herbivora besar lainnya.

Para ilmuwan menemukan spesies tersebut saat mempelajari silsilah misterius kura-kura raksasa yang hidup di Madagaskar dan pulau-pulau lain di Samudera Hindia bagian barat. Mereka menemukan bukti satu tibia atau tulang kaki bagian bawah dari kura-kura yang telah punah.

Mereka menganalisis DNA inti dan mitokondrianya, kemudian menentukan bahwa hewan itu adalah spesies baru yang mereka beri nama Astrochelys rogerbouri. Nama spesies kura-kura itu diambil dari mendiang Roger Bour (1947-2020), seorang ahli herpetologi Prancis dan pakar kura-kura raksasa Samudra Hindia bagian barat.

Dalam penelitian yang diterbitkan pada 11 Januari di jurnal Science Advances, para ilmuwan belum mengetahui secara jelas kapan spesies yang baru ditemukan itu punah. Namun, dari spesimen yang dipelajari tampaknya berusia sekitar 1.000 tahun.

“Saat kami mendapatkan teknologi yang lebih baik, kami dapat menyediakan berbagai jenis data yang sering mengubah perspektif kami. Sangat menyenangkan menemukan anggota spesies baru,” kata Karen Samonds, seorang profesor di Departemen Ilmu Biologi di Universitas Illinois Utara, kepada Live Science, Kamis (12/1/2023).

Sebagian besar spesies asli itu sekarang telah punah karena aktivitas manusia, dan ahli paleontologi berjuang untuk mengumpulkan cerita tentang kura-kura raksasa masa lampau ini. Tapi menganalisis DNA purba raksasa ini memberikan jalan ke depan, untuk mengungkap kehidupan pulau prasejarah.

“Jika ingin tahu seperti apa ekosistem pulau ini pada awalnya, perlu memasukkan kura-kura raksasa besar dan sudah punah ini karena punya peran penting. Untuk memahami peran kunci yang mereka mainkan, perlu memahami berapa banyak jumlah kura-kura raksasa, di mana tinggalnya, dan bagaimana bisa sampai di sana,” kata Samonds.

Pada saat para penjelajah mulai mengumpulkan fosil kura-kura raksasa pada abad ke-17, populasi populasi kura-kura raksasa asli Madagaskar telah lama menghilang. Kemungkinan spesies kura-kura raksasa menjadi korban kolonisasi oleh orang Indo-Melayu 1.000 tahun sebelumnya. Belum lagi pelaut Eropa memanen kura-kura untuk makanan dan minyak kura-kura.