NASA Rilis Foto Galaksi Menyerupai Cincin

Jum'at, 29 November 2019 - 14:03 WIB
NASA Rilis Foto Galaksi Menyerupai Cincin
NEW YORK - NASA telah merilis gambar membingungkan dari sebuah galaksi yang menyerupai cincin. Dari gambar yang dirilis menimbulkan pertanyaan, apakah ini satu atau dua galaksi.

Hal ini ternyata telah menjadi pertanyaan sejak tahun 1950 ketika astronom Arthur Hoag melihat objek ekstra-galaksi yang aneh.

Jika dilihat, cincin luar pada gambar didominasi oleh bintang-bintang biru cerah. Sedangkan pada tengah terdapat bola bintang yang lebih merah, yang dikatakan NASA jauh lebih tua.

Ada celah di antara kedua entitas ini yang hampir sepenuhnya gelap.

Dilansir dari The Sun, Kamis (28/11/2019) pemandangan yang tidak biasa ini dikenal sebagai Obyek Hoag dan tidak ada yang yakin bagaimana itu bisa terbentuk. Beberapa ahli telah berhipotesis bahwa Obyek Hoag terbentuk setelah tabrakan galaksi miliaran tahun yang lalu.

Foto yang dirilis NASA diambil oleh Teleskop Luar Angkasa, Hubble dan baru-baru ini diproses ulang menggunakan kecerdasan buatan algoritma de-noising.

Objek ini membentang sekitar 100.000 tahun cahaya dan terletak sekitar 600 juta tahun cahaya. Lebih tepatnya, terletak di dekat konstelasi Serpens.

Dalam gambar anda dapat melihat galaksi cincin lain di celah gelap antara cincin biru dan massa pusat. Anda dapat menemukannya saat melihat ke arah jam tujuh jika membayangkan massa galaksi merupakan sebuah jam. (AUZA ASYANI)