6 Potret Hewan Pertama di Bumi, Paling Tua Berusia 558 Juta Tahun

Jum'at, 19 Mei 2023 - 16:00 WIB


5. Andiva



Kumpulan fosil yang banyak ditemukan di setidaknya 25 situs Ediacaran di seluruh dunia memunculkan gambaran panorama dasar laut. Semua menunjukkan berbagai bentuk kehidupan yang rata merayap atau merangkak mencari makanan.

Bersamaan dengan Dickinsonia, makhluk mirip tikar prasejarah lainnya adalah Andiva, organisme dengan panjang hingga 10 sentimeter yang tubuhnya mungkin ditutupi oleh cangkang tipis yang lunak. Ketika menganalisis fosil Andiva, karakteristik anatomisnya menunjukkan ini mungkin juga binatang.





6. Funisia



Dalam keragaman bentuk kehidupan Zaman Ediacaran, Funisia mewakili cacing. Cacing bukanlah taksonomi biologis, tetapi hanya menggambarkan sekelompok hewan heterogen yang memiliki kesamaan bentuk silinder dan tubuh lunak tanpa anggota tubuh.

Funisia mungkin salah satu penemu organisasi tubuh ini. Pertama kali dijelaskan pada tahun 2008, dia hidup dalam koloni yang bereproduksi secara seksual. Menjadikannya sebagai yang tertua dari metode reproduksi ini pada hewan. Klasifikasinya belum ditentukan dengan jelas, meskipun telah diusulkan masuk ke dalam kelompok porifera (spons) atau cnidaria.
(wib)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More