6 Potret Hewan Pertama di Bumi, Paling Tua Berusia 558 Juta Tahun

Jum'at, 19 Mei 2023 - 16:00 WIB
Cakram kecil di bebatuan ini pertama kali ditemukan pada tahun 1868 oleh ahli geologi Skotlandia Alexander Murray di Newfoundland, Kanada. Empat tahun kemudian, ahli paleontologi Elkanah Billings mengusulkan gagasan bahwa lingkaran aneh itu sebenarnya adalah fosil.

Hampir satu abad Cakram Murray, dimasukkan ke dalam spesies Aspidella terranovica, fosil yang awalnya diidentifikasi sebagai cnidaria (ubur-ubur). Di sisi lain, cetakan fosil yang serupa dengan yang ditinggalkan oleh anemon juga telah ditemukan pada Aspidella, yang mendukung klasifikasi mereka sebagai cnidaria. Cnidaria adalah sebuah filum yang terdiri dari lebih dari 10.000 spesies hewan sederhana yang hanya ditemukan di perairan, kebanyakan lingkungan laut.



3. Charnia



Dasar laut Ediacaran tempat Dickinsonia merangkak dihuni oleh berbagai makhluk hidup seperti pakis yang berlabuh di dasar. Salah satu organisme itu adalah Charnia, fosil pertama yang dikonfirmasi berasal dari batuan sebelum periode Kambrium, dan oleh karena itu secara resmi memulai studi tentang biota Ediacaran.

Setelah penemuannya di Inggris pada tahun 1958, kemunculan daun dengan cabang bergantian sepanjang dua meter menunjukkan bahwa itu adalah sejenis alga. Namun, ketika diketahui bahwa ia hidup di perairan yang terlalu dalam untuk melakukan fotosintesis, dia diklasifikasikan kembali sebagai pennatulacean, sekelompok hewan modern yang berkerabat dengan karang.



4. Kimberella



Seperti Dickinsonia, Kimberella mungkin adalah hewan yang menghuni lautan terestrial 555 juta tahun yang lalu. Simetri bilateral tubuhnya telah menyebabkan beberapa ilmuwan mengusulkan bahwa spesies saat ini telah mewarisi rencana dasar organisasi dari nenek moyang jauh kita di biota Ediacaran.

Awalnya pada tahun 1966, Kimberella pertama kali diidentifikasi sebagai ubur-ubur. Namun, pada tahun 1997 studi yang lebih rinci tentang strukturnya dan apa yang tampak seperti tanda radula (lidah bergigi) menunjukkan bahwa itu harus diklasifikasikan sebagai nenek moyang moluska siput laut modern.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More