Penemuan Botol Parfum Romawi Kuno, Simpan Aroma Khas selama 2.000 Tahun

Selasa, 13 Juni 2023 - 19:53 WIB
Bahkan yang lebih tidak biasa adalah botol itu ditemukan tertutup rapat dengan bagian atas dolomit dengan zat gelap seperti tar yang diungkapkan oleh analisis kimia sebagai bitumen. Di dalam toples, ada massa padat berupa isi asli botol yang diawetkan.



Penemuan ini tidak menggambarkan bahwa seluruh Kekaisaran Romawi menggunakan parfum beraroma nilam. Apalagi aroma parfum itu dibuat dari ekstrasi bahan eksotis yang kemungkinan besar diimpor dari tempat lain dan dikemas dalam toples mahal untuk pemilik kaya.

“Pada saat itu, parfum disediakan untuk masyarakat kelas atas,” kata Ruiz Arrebola. Namun, dia belum mengetahui apakah parfum ini digunakan dalam kehidupan sehari-hari atau hanya dalam kegiatan spiritual atau penguburan.

Apalagi penemuan botol parfum yang belum dibuka di dalam guci penguburan menunjukkan tidak dimaksudkan untuk dipajang di depan umum. “Jadi, aroma parfum nilam mungkin terkait dengan kegiatan pemakaman, bukan untuk aktivitas sehari-hari,” kata sejarawan Jordi Perez Gonzalez dari Universitas Girona di Spanyol.
(wib)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More