Spesifikasi British A400M Atlas, Pesawat Angkut yang Bisa Lakukan Air Refuelling

Senin, 10 Juli 2023 - 16:16 WIB
British A400M Atlas merupakan pesawat angkut canggih yang kerap digunakan untuk misi pengangkutan udara taktis strategis. Foto/wikipedia
LONDON - British A400M Atlas merupakan pesawat angkut canggih yang kerap digunakan untuk misi pengangkutan udara taktis, strategis, hingga pengisian bahan bakar udara ke udara (Air Refuelling). British A400M Atlas dapat mengangkut sebagian besar peralatan angkatan bersenjata penting yang tidak muat ditempatkan di pesawat angkut taktis generasi sebelumnya.

Beberapa muatan yang mampu diangkut British A400M Atlas, di antaranya helikopter, kendaraan tempur infanteri, atau ekskavator. Pesawat angkut ini juga mengalami sejumlah pembaruan dari segi kecepatan, ketinggian, dan muatan, sehingga jauh lebih baik dari versi sebelumnya.

Menurut laman Airbus, A400M Atlas mulai diluncurkan pada Mei 2003 untuk memenuhi kebutuhan pesawat angkut dari tujuh negara Eropa yakni, Belgia, Prancis, Inggris, Jerman, Luksemburg, Turki, dan Spanyol.



Burung besi ini memulai penerbangan pertamanya pada 11 Desember 2009 lalu. Pesawat produksi pertama kemudian dikirim ke Prancis pada Agustus 2013 dan mulai beroperasi setahun setelahnya.



Spesifikasi British A400M Atlas

Berikut ini spesifikasi dimensi dari British A400M Atlas yang dilansir dari laman Weapon System.

Panjang : 45,1 meter

Lebar sayap : 42,4 meter

Tinggi : 14,7 meter
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More