Mengapa Orang Bermata Biru Istimewa? Ini Penjelasan Ilmiahnya

Kamis, 24 Agustus 2023 - 18:44 WIB
3. Semua orang bermata biru mempunyai leluhur yang sama

Para ilmuwan di Universitas Kopenhagen menemukan fakta semua orang dengan mata biru kemungkinan besar berkerabat. Antara 6.000 hingga 10.000 tahun yang lalu, setiap orang memiliki mata berwarna coklat, namun pada suatu saat, gen yang mengontrol tingkat melanin bermutasi.

Mutasi ini membatasi jumlah melanin yang diproduksi dan membuat mata coklat menjadi biru. Semua orang bermata biru mewarisi peralihan genetik ini pada titik yang sama dalam DNA-nya.

4. Mata biru kasus yang sangat langka

Mayoritas orang memiliki mata coklat, sementara hanya 8 persen hingga 10 persen yang beruntung memiliki mata biru. Menurut World Atlas, mayoritas orang bermata biru tinggal di Eropa. Finlandia menyumbang persentase terbesar orang dengan mata biru.

5. Banyak bayi terlahir dengan mata biru tapi berubah

Saat bayi lahir, kita tidak bisa mengetahui seperti apa warna matanya kelak jika sudah besar. Pada saat lahir, bayi tidak memiliki melanin di irisnya, yaitu bagian mata yang menentukan warna mata. Setelah 6 bulan, gen bayi menentukan berapa banyak melanin yang ada di iris mata. Tergantung pada hal ini, mata mungkin tetap biru atau berubah menjadi abu-abu, hijau, atau coklat.



6. Orang bermata biru lebih sensitif terhadap cahaya

Jika memiliki mata berwarna terang, kita harus sangat berhati-hati dan melindunginya dari sinar matahari. Orang dengan iris mata biru cenderung lebih sensitif terhadap cahaya. Karena mata biru tidak memiliki cukup pigmen penyerap cahaya, lebih banyak cahaya yang masuk melalui iris dan merusak mata.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More